Opdis SMP Seminari Sta Maria Bunda Segala Bangsa Siap Jalankan Visi dan Misi

Maumere, Ekorantt.com – Kepala SMP Seminari Sta Maria Bunda Segala Bangsa Maumere, RD Agustinus Pitang  mengingatkan para pengurus baru Opdis Tahun Ajaran 2023/2024 supaya siap menjalankan visi dan misi dengan baik.

“Visi dan misi yang sudah dipaparkan pada saat kampanye dan Anda dipilih harus dapat direalisasikan. Hal ini akan terlaksana dengan baik apalagi kompak, kerja sama dan menjalankan dengan penuh kesetiaan,” tegas RD Agus Pitang pada Pelantikan Organisasi Peserta Didik Sekolah (Opdis) SMP Seminari Sta Maria Bunda Segala Bangsa Masa Bakti 2023/2024, Selasa (24/01/2023).

Romo Agus menjelaskan, menjadi pengurus Opdis tidaklah mudah dan butuh perjuangan. Berat akan menjadi ringan, apabila dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

“Saya minta warga kelas 8 untuk berjalan bersama pengurus inti. Sementara warga kelas 7 harus belajar dan mempersiapkan diri untuk menerima estafet kepengurusan Opdis tahun depan,” ungkap mantan pastor kapelan Paroki Spiritu Santo Misir Maumere ini.

Sementara Ketua Opdis lama, Fernando Natalio Yones pada kesempatan itu mengatakan menjadi seorang pemimpin harus siap dibenci.

iklan

“Agar tidak dibenci maka perkataan harus sejalan dengan perbuatan maka pemimpin harus menunjukkan teladan yang baik,” ujar Yones.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kepsek, para guru dan semua peserta didik yang telah mendukung program pengurus opdis lama.
“Saya harapkan program kami yang belum sempurna bisa disempurnakan oleh pengurus Opdis yang baru,” pintanya.

Sedangkan, Ketua Opdis baru, Yosep Nong Polce ketika memberi sambutan perdananya mengutip Surat St. Paulus kepada Jemaat di Roma, “Kita semua adalah satu tubuh yang mempunyai banyak anggota dan setiap anggota mempunyai tugas masing-masing”.

“Awalnya ada keraguan di hati untuk menerima kepercayaan tapi saya menyadari bahwa saya bukan berjalan sendiri. Tapi ada banyak pengurus menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya maka semua akan menjadi ringan,” ucap Polce.

“Saya sadari pula menjadi ketua Opdis tidaklah mudah. Tapi saya yakin dan percaya dengan dukungan teman-teman, Kepsek dan para guru kami pasti bisa,” tambah Polce.

Visi dan Misi

Wakasek Urusan Kesiswaan, Angela Ina Kii kepada Ekora NTT usai pelantikan mengatakan, pemilihan Ketua Opdis baru melewati tahapan demokratis.

“Tahapannya berupa penetapan calon, kampanye visi dan misi, debat calon dan pemilihan,” terang ibu asal Sumba Barat Daya ini.

Menurut Angela, setelah berproses akhirmya menetapkan dua paket yang bertarung pada pemilihan Opdis kali ini.

Ketua Opdis baru, tambah Angela, dengan visi dan misi, mereka berusaha untuk mendukung program Keuskupan soal ekologi lingkungan bersih dan meminimalisir bullying dengan melihat senior dan yunior sebagai adik kakak akhirnya menarik hati teman-temannya menjatuhkan pilihan pada Polce.

Berikut ini Visi yakni mewujudkan mutu dan kualitas Seminaris yang berpendirian, berkarakter yang bercermin pada pedoman 5 S yaitu Sanitas, Santitas, Sapencia, Sciensia, dan Sosialitas.

Sementara misinya pertama, menumbuhkan semangat rohani dalam diri para seminaris untuk memperjuangkan panggilan sebagai calon imam.

Kedua, menumbuhkan semangat literasi para seminaris dalam membentuk kualitas dan kemampuan bertutur kata.

Ketiga, menguatkan kembali relasi sosial antara seminaris dalam mewujudkan pribadi yang rendah hati dan sikap hormat kepada siapapun.

Keempat, mewujudkan pribadi para seminaris yang kreatif, disiplin, serta bertanggung-jawab.
Kelima, menciptakan dan mempertahankan lingkungan seminari yang bersih, asri serta indah.

Sedangkan Program Opdis yaitu Slaber (Selasa Lingkungan Bersih), Diseri ( Disiplin Setiap Hari), Dollying (Don’t bullying), Gosip (Good Speaking) dan Timete (Tidak membeda-bedakan teman).

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA