Aktualisasi Budaya Sekolah, Peserta Didik SMPN Nangahale Pungut Sampah

Maumere, Ekorantt.com – Suasana pagi hari pada Kamis (26/1/2023) tampak cerah. Ekora NTT mengambil bagian dalam operasi semut peserta didik SMP Negeri 46 Nangahale.

Ibarat semut yang berbaris rapi, 54 peserta didik bersama Plt Kepala Sekolah, para guru, dan pegawai beraksi sambil memegang karung di tangan memungut sampah di Pasar Nangahale. 

Plt Kepala SMPN 46 Nangahale, Ana Aprila menyebut, kegiatan operasi semut merupakan salah satu aktualisasi budaya sekolah.

“Setiap dua bulan sekolah punya program membersihkan sampah di Pasar Nangahale,” ujar Ana kepada Ekora NTT, Kamis (26/01/2023).

Hadir pada kesempatan itu Kepala Desa Nangahale Sahanudin yang turut mengapresiasi kegiatan positif ini.

iklan

“Sekarang sedang maraknya kasus demam berdarah. Saya harapkan seluruh warga pengguna pasar dan mulai menjaga kebersihan,” pintanya.

Misliana, salah satu peserta didik merasa senang dengan operasi semut ini walau melelahkan.

“Kegiatan ini memberikan pembelajaran kepada kami peserta didik untuk peduli lingkungan. Kalau bukan kita siapa lagi,” ujarnya.

Aksi pungut sampah oleh peserta didik SMPN Nangahale di Pasar Nangahale/Ekora NTT

Sementara Koordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Nelci menjelaskan bahwa sesuai dengan tema P5 tentang gaya hidup berkelanjutan sampah-sampah yang dipungut akan dipilah nantinya menjadi bahan kerajinan tangan hiasan dinding.

Sedangkan pengguna pasar, Marselina Daida dan Yustina Masi Nona merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik SMP Negeri 46 Nangahale.

“Dengan melihat pasar yang bersih ini menggugah hati warga pengguna pasar untuk semakin menjaga kebersihan,” pungkas Marselina diamini Yustina.

TERKINI
BACA JUGA