Dinkes Sikka Catat 95 Kasus DBD, 33 Orang Masih Jalani Perawatan

Maumere, Ekorantt.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka mencatat bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 95 kasus per 30 Januari 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan, dari 95 kasus DBD, sebanyak 62 orang dinyatakan sembuh dan sisanya 33 orang masih menjalani perawatan.

“Pasien yang masih dalam proses perawatan sebanyak 33 orang, yang terdiri dari 29 kasus dirawat di RSUD dr. TC Hilers Maumere dan empat kasus di RSU St. Gabriel Kewapante,” ujar Herlemus kepada Ekora NTT pada Senin, 30 Januari 2023.

Dokter Spesialis Anak, Mario B. Nara bilang, khusus di RSUD TC. Hillers, ada 25 anak dan empat orang dewasa yang sedang dirawat.

Diakuinya, kasus DBD pada Januari 2023 meningkat bila dibandingkan dengan Desember 2022. Pasalnya, ada lima sampai enam anak yang masuk rumah sakit setiap harinya.

iklan

Mario berpesan kepada orangtua untuk memperhatikan kesahatan anak di tengah cuaca seperti sekarang. Orangtua mesti memperhatikan gejala DBD pada anak.

“Bila anak mengalami deman 2-5 hari disertai nyeri kepala, nyeri badan, mual muntah atau ada mimisan, gusi berdarah dan bintik merah di kulit, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik,” tuturnya.

Herlemus juga memaparkan angka kasus DBD beberapa tahun terakhir. Pada 2019, DBD mencapai 620 kasus, kemudian meningkat menjadi 1.816 kasus pada 2020.

Kasus DBD turun pada tahun berikutnya menjadi 183 kasus dan meningkat lagi pada 2022 menjadi 466 kasus.

Herlemus pun menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membasmi sarang nyamuk, menguburkan barang bekas, dan menguras penampungan air.

“Dinas Kesehatan melalui Puskesmas terdekat tengah melakukan edukasi, sosialisasi, dan fogging untuk memberantas penyebaran kasus DBD di Kabupaten Sikka,” jelasnya.

“Hingga saat ini fogging telah dilakukan di empat titik yaitu, Kelurahan Kota Uneng dua lokasi, Desa Tanaduen, dan Desa Nele Wutung,” ungkapnya.

Nivan Gomez

TERKINI
BACA JUGA