Susun RKAS, SMPN Nuba Arat Terus Majukan Mutu Pendidikan

Maumere, Ekorantt.com – SMPN Nuba Arat menyelenggarakan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) selama tiga hari, 26-28 Januari 2023.

Kepala Sekolah SMPN Nuba Arat, Bergita Tati de Rosari mengemukakan, program kepala sekolah yang utama adalah menyusun RKAS yang merujuk pada EDS (Evaluasi Diri Sekolah). Selain itu, RKAS juga merujuk pada rapor mutu yang berpatokan pada RKJM/RKT (Rencana Kerja Jangka Menengah) dan rapor pendidikan.

Menurutnya, kegiatan sekolah bersumber dari perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan prinsip fleksibel, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.

Karena itu, kata Tati, penyusunan RKAS wajib melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan agar pengelolaan keuangan menjadi tanggung jawab bersama.

“Ini menjadi kontrol sosial yang baik dan benar. Warga sekolah bisa berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik karena ada keterbukaan,” ujar Tati.

iklan

Kepsek Tati juga menjelaskan, kegiatan ini rutin dijalankan mengikuti tahun anggaran dan bukan tahun ajaran sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada orang tua siswa dan pemerintah yang telah mempercayakan sekolah sebagai pengelola dana BOS.

“Harapan saya berdasarkan RKJM SMPN Nuba Arat dari tahun 2021 hingga 2023, mutu pendidikan semakin berkembang baik dari segi kualitas manusianya maupun sarana dan prasarana yang berpusat pada peserta didik SMPN Nuba Arat,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri Ketua Komite SMPN Nuba Arat Agustinus R. Henny, Pengawas Pembina SMPN Nuba Arat Anggraini Tandjung Agustina, Tim BOS Kabupaten Sikka Sirilus Siga Juang, Ketua OSIS SMPN Nuba Arat Lodovikus Luren, perwakilan orang tua siswa, dan perwakilan peserta didik.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA