AMA-Maumere Gelar Bakti Sosial di Pasar Alok

Maumere, Ekorantt.com – Angkatan Muda Adonara (AMA) di Maumere, Kabupaten Sikka, gelar bakti sosial dengan cara membersih sampah di Pasar Alok pada Sabtu (18/2/2023).

Ketua AMA Maumere Ignasius Sinung Ama menjelaskan kegiatan bakti sosial merupakan program kerja triwulan organisasi.

Kegiatan bakti sosial tersebut mengusung tema ‘Mari Jaga Kota’ dengan tema turunan ‘Kita Beri Solusi Bukan Polusi’.

“Tema ini diangkat kepermukaan sebagai bentuk edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di kota Maumere, bahwa pada dasarnya kita semua memiliki tugas yang sama dalam masalah lingkungan terutama dalam penanganan sampah,” jelas Ignasius.

Ignasius berkata, persoalan sampah di Maumere membutuhkan perhatian semua pihak untuk terlibat dalam aksi bersih sampah.

iklan

Ia menuturkan sebagai warga kota mestinya semua memiliki tugas yang sama dalam merawat kota, salah satunya adalah menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sebab, pada dasarnya persoalan sampah dampaknya sangat besar terhadap keberlangsungan hidup manusia. Sampah bisa mendatangkan penyakit, banjir dan persoalan-persoalan turunan lainnya, ujar Ignasius lagi.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Frederikus Balaweling mengatakan kegiatan bakti sosial digelar di Pasar Alok.

AMA-Maumere melihat, aktivitas pasar terganggu akibat barang bekas. Penumpukan sampah menggangu kesehatan yang selanjutnya mempengaruhi terhadap aktivitas ekonomi.

Kegiatan ini dimulai dengan pembersihan sampah plastik dalam saluran drainase sebelah utara pasar itu. Sampah plastik yang terkumpul diisi dalam karung dan diangkut ke bak sampah, kata Frederikus.

Kontributor: Paul Lamawitak

TERKINI
BACA JUGA