Lolos Duta SMA, Dua Siswa SMAK Frateran Podor Wakili NTT ke Bekasi

Larantuka, Ekorantt.com – Adrianus Misi Boleng (17) dan Yeren Vania Cikita Amalo (17) menoreh prestasi membanggakan untuk lembaga pendidikan SMAK Frateran Podor Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Adrianus dan Yeren lolos dalam ajang pemilihan Duta SMA Provinsi Nusa Tenggara Timur setelah melewati tahapan seleksi yang ketat dalam kegiatan mempresentasikan esai dan video.

Adrianus Misi Boleng mengatakan, dirinya mempresentasikan esai dengan judul “Profil Pelajar Pancasila”. Sedangkan, Yeren Vania mempresentasikan esai dengan judul “Perundungan dan Intoleransi”.

Menurut Yeren, kesulitan utama saat menggarap tema perundungan adalah siswa-siswi yang terkena dampak perundungan sulit mengungkapkan apa yang mereka alami.

“Perundungan masih ditutup-tutupi karena takut aib,” kata Yeren Vania.

iklan

Sedangkan, Adrianus Misi Boleng mengatakan, pada seleksi tahap pertama ada empat siswa dari SMA Frateran Podor yang lolos dan satu dari SMA Negeri 5 Kupang.

Setelah diadakan tahap seleksi kedua, dirinya dan Yeren lolos di tahap final tersebut.

“Kami bawa ciri khas dari Flores Timur yakni jagung titi dan pakaian dari Flores Timur,” kata Adrianus.

Guru pembimbing, Yohana Kristanty Golu Ritan Atas mengatakan, atas kerja keras Adrianus dan Yeren, mereka siap berangkat ke Jakarta demi menghadiri evaluasi dan mengikuti seminar di Hotel Aston Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Yohana, tujuan kedua siswa menuju Jakarta adalah untuk mengevaluasi hal-hal terkait Duta Provinsi NTT, pun mengasah soft skill mereka.

“Itu karena mereka telah menjadi duta Provinsi NTT setelah mengalahkan beberapa peserta dari seluruh SMA di NTT,” katanya.

Yohana menambahkan, selain soft skill, adapun kegiatan lain yang dilakukan adalah membuat konten Duta SMA yang nantinya akan di-upload pada medsos Direktorat SMA, yakni Instagram, TikTok, dan YouTube.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAK Frateran Podor Larantuka, Robertus Sabon Taka, mengatakan, pihaknya sudah membuat pelepasan kepada dua siswa dan guru pendamping ke Jakarta pada Rabu, 7 Maret 2023.

“Mereka akan mengikuti kegiatan tiga hari mulai 9 Maret hingga 11 Maret 2023,” katanya.

Robertus bilang, Adrianus dan Yeren telah mengharumkan nama sekolah dan merupakan kebanggaan Kabupaten Flores Timur dan Provinsi NTT.

“Mereka ini kebanggaan bagi sekolah, kabupaten dan provinsi karena diutus atas nama provinsi. Sehingga kalian tunjukkan di sana bahwa ada sesuatu yang baik dari NTT. Kami semua keluarga besar SMAK Frateran Podor selalu mendukung,” pungkas Kepsek Robertus.

Diketahui, kegiatan tersebut diinisiasi langsung oleh Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA