Orang Muda Wajib Menyelamatkan Benih Leluhur

Larantuka, Ekorantt.com – Peran orang muda sangat strategis dalam upaya penyelamatan benih leluhur dan aksi kampanye merawat lingkungan alam. Benih yang diwariskan para leluhur umumnya selalu tahan terhadap dampak perubahan iklim dan selalu punya nilai gizi yang bagus.

Demikian penegasan dari Maria Loreta, Ketua Perhimpunan Petani Sorgum  (P2SKP) NTT saat membawakan sambutan dalam acara pembukaan Festival Benih Leluhur di Waiotan, Desa Pajinian, Kecamatan Adonara Barat, Flores Timur, Senin, 18 Juni 2023.

“Orang muda adalah pewaris untuk menjaga dan melestarikan warisan benih leluhur sekaligus melakukan perannya ikut menjaga dan mengampanyekan aksi penyelamatan terhadap lingkungan alam,” ujar Maria.

Maria juga menegaskan pelaksanaan festival ini berkat dukungan dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan sejumlah anak muda penggerak lokal yang tergabung dalam Koalisi Pangan Baik.

“Kepercayaan langsung dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbud dan kehadiran orang-orang muda untuk pelaksanaan Festival Benih Leluhur sungguh sebuah sangat berarti bagi Yayasan Pembangunan Ekonomi Sosial (Yaspensel) dan Yayasan Agro Sorgum Flores,” ujar Bunda Sorgum, sapaan dari Maria Loreta.

iklan

Sementara itu Sjamsul Hadi, Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat mengemukakan, pelaksanaan Festival Benih Leluhur adalah kesempatan untuk melihat kembali sejumlah warisan leluhur yang sudah selayaknya terus dijaga kelestariannya.

Ia menyebutkan, situasi global saat ini yang ditandai dengan krisis pangan akibat kondisi alam yang tak menentu jadi pelajaran berharga untuk merawat dan melestarikan benih-benih warisan leluhur.

“Situasi global hari ini adalah adanya krisis pangan karena kondisi alam yang tak menentu. Oleh karena itu warisan benih leluhur wajib untuk dilestarikan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Flores Timur, Petrus Petara Aran yang mewakili Penjabat Bupati Flores Timur mengapresiasi Ditjen Kebudayaan Kemendikbud yang berkenan bekerjasama dalam pelaksanaan Festival Benih Leluhur.

Ia pun meminta agar pelaksanaan kegiatan seperti ini terus berlanjut sehingga terciptalah ketahanan pangan yang menyejahterakan dan memberikan nilai gizi kepada warga yang mengonsumsi pangan lokal.

TERKINI
BACA JUGA