Festival Forum KTI Angkat Tema Kolaborasi, Inovasi, dan Pembangunan Berkelanjutan

Kupang, Ekorantt.com – Pemerintah Kota Kupang bersama Pemerintah Provinsi NTT dan Yayasan BakTi menggelar Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX di Hotel Harper Kupang pada 26-27 Juli 2023. Festival ini mengangkat tema “Kolaborasi, Inovasi, dan Pembangunan Berkelanjutan”.

Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI, Muhammad Yusran Laitupa menjelaskan, Festival Forum KTI merupakan momen perayaan keberhasilan dan inovasi pembangunan di Indonesia.

Festival ini, kata Laitupa, akan menampilkan praktik cerdas dan kisah sukses dari berbagai program pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah bersama masyarakat dan mitra pembangunan di kawasan timur Indonesia.

Festival Forum Kawasan Timur Indonesia juga berupaya meningkatkan rasa kepemilikan, semangat kolaborasi, dan daya dorong inovasi guna mencapai keberhasilan pembangunan nasional.

“Merayakan keberhasilan pembangunan adalah hal yang sesekali perlu dilakukan. Bahkan penting untuk dilakukan karena dengan perayaan ini, kita bisa menghargai kerja keras dan ragam upaya yang telah dilakukan berbagai pihak untuk memajukan bangsa Indonesia yang kita cintai,” jelas  Laitupa kepada wartawan di Kupang pada Selasa, 25 Juli 2023.

iklan

Terpisah, Ketua Forum Kawasan Timur Indonesia, Prof. Winarni Dien Monoarfa mengatakan, kolaborasi, inovasi dan pembangunan berkelanjutan adalah kata kunci penting yang menjadi highlight pelaksanaan Festival Forum KTI IX Tahun 2023.

“Selama dua hari festival, akan tampil berbagai model kolaborasi sebagai upaya kolektif yang memfasilitasi penciptaan bersama solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembangunan secara efektif, yang berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakan Prof Winarni, ada empat acara utama yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. Keempat acara tersebut yakni panggung inspirasi, galeri informasi dan pameran foto, side events, dan malam budaya.

Panggung inspirasi akan menampilkan empat praktik cerdas dan sebelas inspirator, mereka yang adalah pelaku pembangunan, inovator, dan praktisi untuk memaparkan pengalaman terbaik, pembelajaran, inovasi, dan kisah sukses demi menjawab tantangan pembangunan di berbagai daerah di kawasan timur Indonesia.

Empat praktik cerdas dari Kawasan Timur Indonesia akan ditampilkan dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (Festival Forum KTI) IX di Hotel Harper Kupang, pada 26 dan 27 Juli 2023. Praktik cerdas adalah upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan dan berdampak nyata.

Keempat praktik cerdas tersebut adalah sistem pertanian terintegrasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur, shelter warga merawat kepedulian Kota Makassar, Sulawesi Selatan, optimalisasi PAD melalui pajak dan retribusi online di Langgur, Maluku Tenggara, dan manusia sehat merawat bumi Borneo di Kayong Utara, Kalimantan Barat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA