Menumbuhkan Cinta Budaya Lokal Melalui Festival

Maumere, Ekorantt.com – Nusa Tenggara Association (NTA) Kabupaten Sikka, NTT, menggelar festival seni budaya dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Festival ini diikuti sebanyak 23 sekolah binaan NTA mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Sikka.

NTA menunjuk Sekolah Dasar Katolik (SDK) Kloanglagot sebagai tuan rumah

Kepala SDK Kloanglagot Gensiana Nona Teta menerangkan, festival seni budaya ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh sekolah-sekolah dampingan NTA.

“Sejak terbentuknya NTA Kabupaten Sikka telah menyelenggarakan festival seni budaya ini sebanyak 14 kali hingga tahun 2023,” ujarnya.

iklan

Gensiana demikian disapa, mengungkapkan, pegelaran festival tak sekadar memperkenalkan keunikan budaya, tetapi menjadi sarana bagi peserta didik dalam menggali tentang budaya di Sikka.

Kepala Desa Wairkoja, Eugenius H. Haryanto mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan festival seni budaya tahun 2023. Terlebih pihak NTA memberikan kepercayaan kepada SDK Kloanglagot menjadi Tuan Rumah.

Kades yang kerap disapa Riko mengatakan, dengan festival seni budaya hendaknya dapat membentuk generasi muda di Nian Sikka menjadi lebih kreatif dan berprestasi.

“Karena melalui seni dan budaya kita dapat membangun Kabupaten Sikka dengan sumber daya dan peradaban yang unggul,” ungkapnya.

Eugenius meminta dukungan dari semua pihak agar menjadikan ajang festival seni budaya itu sebagai sarana dalam menghormati kekayaan dan warisan leluhur.

Ketua NTA Indonesia, Yani Docita mengingatkan para guru untuk terus memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya budaya, bukan hanya sekedar mendapatkan juara atau menerima hadiah.

Yani berharap melalui festival ini anak-anak diajarkan bagaimana menghargai dan menjunjung tinggi adat dan budaya. Sebab, siapa yang menghargai adat dan budaya adalah orang-orang yang beradab.

“Mari kita lestarikan budaya kita untuk kita teruskan kepada generasi-generasi berikut, maka kita akan menciptakan generasi-generasi penerus yang akan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA