Perkuat Literasi Siswa, SMAN 1 Aimere Gelar Pelatihan Jurnalistik

Bajawa, Ekorantt.com – Sebanyak 50 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Aimere di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik di sekolah itu pada 31 Oktober hingga 2 November 2023.

Kepala SMAN 1 Aimere Kristianus Wedo menjelaskan pelatihan jurnalistik merupakan upaya sekolah memperkuat literasi bagi peserta didik, sekaligus membangun minat baca siswa di kelas X dan kelas XI.

“Ketika dia (Siswa) menulis pasti membaca dulu, sehingga kami lihat pelatihan jurnalistik ini sangat penting diberikan pada siswa,” ujar Kristianus di sela-sela kegiatan.

Menurut dia, di tengah perkembangan teknologi semakin maju, banyak peserta didik mulai meninggalkan buku sebagai sumber referensi belajar. Sebaliknya, mereka justru lebih mengandalkan mesin pencarian google untuk memperoleh pengetahuan.

Dalam pelatihan itu, puluhan peserta didik juga dibekali dengan materi dasar teknik berdebat, publik speaking atau latihan berbicara di depan umum, dan teknik menulis karya ilmiah.

iklan

“Pemateri pada kegiatan ini kami undang wartawan senior Emanuel Djomba dan pegiat literasi Ngada Mertin Lusi,” kata dia.

Kristianus berharap dengan adanya kegiatan itu SMAN 1 Aimere bisa menghasilkan penulis dan pembicara terbaik.

Maria Yunita Bhebhe, siswi kelas X menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan itu. 

Meskipun baru pertama kali, namun Maria mendapat pengalaman  yang luar biasa. Menurutnya dengan pelatihan itu, ia bisa mengetahui tentang dunia jurnalistik.

“Kami harap ke depan masih ada kegiatan ini, apalagi tadi ada materi publik speaking, teknik debat dan menulis karya ilmiah,” kata dia.

Hal senada disampaikan Grasiana Ninu, siswi kelas XI yang juga menjadi peserta dalam pelatihan itu. 

“Saya secara pribadi berharap kegiatan ini terus dilanjutkan, apalagi selama dua hari kami dibekali banyak materi tentang jurnalistik,” kata Grasiana.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA