Presiden Jokowi Periksa Pembagian BLT El Nino di Manggarai Barat

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 4 Desember 2023.

Di kabupaten ujung barat Pulau Flores itu, Jokowi menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dan meninjau gudang Bulog di Kantor Perum Bulog Labuan Bajo, Batu Cermin.

Presiden Jokowi juga mengecek terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino senilai Rp400 ribu untuk bulan November dan Desember. Sebagian masyarakat KPM sudah menerima dan sebagian lainnya belum menerima.

“Bagi yang belum terima BLT El Nino, kira-kira minggu ini atau minggu depan akan segera cair,” kata Presiden Jokowi.

iklan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo menjelaskan, bantuan pangan yang diberikan berasal dari cadangan beras pemerintah yang ada di  Bulog.

Menurut Arief, setidaknya saat kunjungan Jokowi ada 508 KPM Manggarai Barat yang menerima bantuan beras pangan senilai 10 kilogram.

Sedangkan target KPM untuk seluruh Indonesia, kata dia, sebesar 21,3 juta dan tahun 2024 dinaikkan 8 persen, sekitar 22 juta KPM.

“Datanya berasal dari Kememko PMK (Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan- red). Target sampai bulan lalu sudah capai 97 persen sementara untuk bulan Desember baru mulai dibagi,” jelas Arif.

Salah satu KPM, Nur Ekawati menyampaikan terima kasih berlimpah kepada Presiden Jokowi karena bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Tadi saya dapat sembako yakni beras, snack dan baju,” jelas perempuan dari Kampung Air, Kelurahan Labuan Bajo tersebut.

Diketahui,  agenda Presiden Jokowi mengunjungi NTT kali ini menyasar di empat wilayah, yakni Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Nagekeo, dan Kota Kupang.

Batal Kunker ke Manggarai

Namun kunjungan Jokowi ke Kabupaten Manggarai belakangan dibatalkan. Awalnya, dalam agendanya Jokowi akan berkunjung ke Kabupaten Manggarai pada 5 Desember 2023.

Waktu tersebut dipakai Jokowi untuk  berkunjung ke Nagekeo, kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Ngada.

“Rupanya ada agenda lain di Jakarta makanya bapak presiden batal lagi kunker ke Manggarai,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai Jahang Fansi Aldus saat dihubungi wartawan pada Sabtu, 2 Desember 2023 lalu.

Padahal Pemkab Manggarai, kata dia, sudah melakukan persiapan di atas 80 persen.

Semua lokasi kunjungan Presiden Jokowi sudah dicek bersama TNI, Polri baik untuk persiapan bandara, kunjungan di SMK St Aloysius, Pasar Inpres Ruteng, termasuk lokasi makan siang.

“Hari ini tadi rencana ada tiga helikopter akan tes landing di Bandara Frans Sales Lega Ruteng, untuk cek kesiapan bandara. Itu juga batal semua karena pak presiden tidak jadi datang,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerja ke NTT kali ini, kepala negara dijadwalkan meninjau sejumlah sekolah, gudang Bulog, serta meresmikan sejumlah proyek.

Selain itu, Presiden RI ke-7 itu juga dijadwalkan melakukan kegiatan sosial seperti menanam pohon dan melakukan pembagian BLT dan BLK.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA