Tiga Pilar yang Wajib Jadi Perhatian Pengelola  menuju Koperasi Modern

Pada pemaparannya, Bagus mengemukakan kriteria sebuah koperasi menjadi koperasi modern bertumpu pada tiga pilar yakni pilar kelembagaan, usaha dan keuangan.

Maumere, Ekorantt.com– Partisipasi anggota koperasi menjadi kekuatan kunci bertumbuh dan berkembangnya sebuah koperasi kredit agar kuat dan maju.

Hal ini ditegaskan Asisten Deputi Pembaharuan dan Kemitraan Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM RI Bagus Rachman pada sesi kedua seminar sehari menyongsong Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 KSP Kopdit Pintu Air di Aula Sumur Yakob Kantor Pusat KSP Kopdit Pintu Air pada Kamis, 23 Mei 2024.

Pada pemaparannya, Bagus mengemukakan kriteria sebuah koperasi menjadi koperasi modern bertumpu pada tiga pilar yakni pilar kelembagaan, usaha dan keuangan.

“Apresiasi saya untuk Kopdit Pintu Air karena sampai dengan saat ini sudah maju pesat,” ucap dia.

iklan

Pada pilar kelembagaan, Bagus menjelaskan, tanda koperasi modern adalah mulai digunakan pendaftaran anggota secara elektronik, manajemen yang profesional, rekrutmen anggota secara digital dan dilaksanakannya RAT yang melibatkan anggota dan pengurus manajemen secara online sesuai dengan Permenkop dan UKM No 19/2015.

Sementara untuk pilar usaha, adanya orientasi usaha berbasis model bisnis hulu-hilir para pihak, adanya pelayanan anggota secara digital, sudah memiliki website dan inklusif terhadap perkembangan usaha anggota.

Sedangkan pada pilar keuangan menurut Bagus, sudah ada dan terlaksananya standar akuntansi yang transparan dan akuntabel juga laporan keuangan secara digital.

Tiga Pilar yang Wajib Jadi Perhatian Pengelola menuju Koperasi Modern1
Pemateri sesi kedua saat membawakan materi secara online melalui aplikasi zoom meeting

Nifan Benefaciendo, anggota KSP Kopdit Pintu Air yang mengikuti seminar ini mengatakan, materi yang disampaikan Bagus Rachman kiranya menjadi perhatian besar bagi para pengurus dan manajemen untuk terus membawa KSP Kopdit Pintu Air menuju koperasi kredit yang modern.

“Saya kira apresiasi wajib diberikan kepada lembaga ini. Sebagai anggota saya bangga bisa terlibat dalam seminar ini. Kiranya beberapa aspek penekanan dari pemateri tadi jadi lecutan untuk kerja-kerja pengurus dan manajemen ke depannya,” harap Nifan.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA