Diskominfo Sikka Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Nita

Diharapkan KIM mengoptimalkan perannya sebagai wadah penyebarluasan informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sekaligus mendukung pelaksanaan program desa cerdas di Desa Nita.

Maumere, Ekorantt.com- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sikka menggelar sosialisasi dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Nita, Kecamatan Nita pada Rabu, 5 Juni 2024.

Kepala Desa Nita Herman Ranu menyampaikan terima kasih atas kegiatan sosialisasi dan pembentukan KIM yang diinisiasi oleh Diskominfo Kabupaten Sikka.

Menurut dia, KIM Desa Nita sudah dibentuk tahun 2023 atas anjuran Diskominfo saat melakukan monitoring. Namun KIM belum diketahui masyarakat karena belum ada sosialisasi dari dinas.

“Dengan sosialisasi ini, maka KIM yang sudah dibentuk dengan kepengurusan yang ditetapkan melalui SK Kepala Desa ini bisa kita kembangkan,” kata Herman saat kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Nita itu.

iklan

Sosialisasi dihadiri oleh peserta sebanyak 20 orang dari unsur aparat desa, BPD, RT/RW, dan kaum muda.

Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Diskominfo Sikka J. Selsius menjelaskan, sosialisasi dan pembentukan KIM merupakan implementasi dari amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Kominfo RI Nomor 17 Tahun 2009 tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Menurut Selsi, KIM yang terbentuk merupakan perwujudan dari peradaban masyarakat informasi (information society) yang menjadi mitra pemerintah dan berperan sebagai media pelayanan informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, dan juga membantu memenuhi hak warga negara untuk memperoleh informasi-informasi publik dari badan publik.

Ia menilai, program desa cerdas/desa digital di Desa Nita sangat sinergis.

Tekait hal ini, lanjut Selsi, pengembangan KIM merupakan salah satu elemen penting pengembangan desa digital yang juga bagian utama dari penerapan E-government di Desa Nita.

Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan penataan kembali pengurus KIM Desa Nita.

Sesuai rencana, ke depan Diskominfo Kabupaten Sikka dan Pemerintah Desa Nita akan melakukan kegiatan penguatan kapasitas dalam mendukung KIM yang sudah terbentuk ini.

Diharapkan KIM mengoptimalkan perannya sebagai wadah penyebarluasan informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sekaligus mendukung pelaksanaan program desa cerdas di Desa Nita.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA