Mahasiswa KKN-PPM Uniflor Bangun Rumah Baca di Desa Ngegedhawe

Mbay, Ekorantt.com – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dilakukan 20 mahasiswa  Uniflor-Ende berlangsung di Desa Ngegedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo sejak 27 Juli hingga 7 September 2019.

KKN-PPM ini bertemakan Literasi Desa. Salah satu agenda yang digagas adalah membangun ruma baca demi memperkuat budaya literasi di Desa Ngegedhawe.

Pembangunan rumah baca telah dimulai sejak akhir Juli 2019 lalu dan sekarang sudah rampung. Hal ini membuat warga desa sangat senang karena desanya menjadi desa pertama di Kabupaten Nagekeo yang memiliki rumah baca desa. Selain itu, warga antusias untuk mengikuti kegiatan literasi desa yang digagas oleh mahasiswa.

Sekretaris Camat Aesesa, Yakobus Laga Kota mengingatkan warga untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan literasi desa ini melalui keikutsertaan dalam berbagai kegiatan yang diprakarsai oleh mahasiswa peserta KKN.  

Selanjutnya, kata Yakobus, kegiatan ini harus diikuti dengan perubahan sikap dan mental yang baik selaras harapan dan maskud dari gerakan literasi desa ini. 

iklan

Senada dengan Yakobus, ketua Tim Pendamping KKN-PPM, Gusty Dadi mengharapkan, gerakan literasi desa tidak hanya berhenti pada aktivitas pembangunan rumah baca dan kegiatan-kegiatan pendukung selama mahasiswa berada di desa.

Gerakan literasi desa mesti terus dijadikan gerakan bersama masyarakat desa demi memajukan desa menjadi desa yang cerdas, mandiri dan berdaya saing.

Selain kegiatan pembangunan rumah baca desa, KKN-PPM Literasi Desa ini juga mengagendakan beberapa kegiatan lainnya seperti kegiatan pentas budaya, perlombaan-perlombaan mewarnai, membaca dan menulis, penyuluhan dan cerdas cermat.

“Semua kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan dan menumbuhkan di dalam diri masyarakat Desa Ngegedhawe semangat dan kecintaan terhadap literasi baca tulis dan literasi budaya dan kewargaan. Kedua literasi dasar ini akan menjadi pintu masuk bagi penanaman dan pengembangan literasi dasar lainnya,” kata Dadi.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA