Bupati Robi Lantik 32 Kepala Desa Terpilih

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo Idong, S.Sos, M.Si atau yang akrab disapa Robi Idong melantik 32 Kepala Desa (Kades) terpilih di gedung Sikka Convention Center (SCC), Maumere, Flores, Selasa (17/12/2019).

Dari 32 Kades yang dilantik itu, terdapat satu Kades perempuan terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 22 November 2019 lalu.

Bupati Robi Idong dalam sambutannya berharap, para Kades yang baru dilantik mulai bekerja menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Ia berpesan kepada para Kades untuk merangkul semua lawan politik sehingga visi misi membangun desa dapat terwujud.

“Menjadi pemimpin itu harus tenang dan tegas dalam melayani masyarakat. Pemimpin itu harus seperti tanah yang bisa memberikan kehidupan. Pemimpin itu harus seperti api membara yang bisa melindungi masyarakat. Pemimpin itu harus seperti samudera yang memiliki wawasan luas,” ungkap Robi.

Robby menyampaikan, peraturan di tingkat desa seperti Peraturan Desa (Perdes) tidak boleh menyulitkan dan berbelit-belit. Kepala desa juga harus berani memangkas birokrasi yang menguras anggaran. Hal ini harus dilakukan agar anggaran yang dikeluarkan benar-benar tepat sasaran dan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

iklan

Robi juga mengingatkan, usai dilantik, para Kades sebaiknya tidak berpesta pora yang berlebihan.

“Boleh buat pesta, tetapi yang pas-pas saja. Jangan sampai mabuk berlebihan dan mengganggu ketenangan masyarakat lain. Jangan sampai habis pesta, urus APBDes 2020 juga salah-salah nanti,” ucapnya.

Pantauan Ekora NTT, sebelum 32 Kades dilantik, didahului dengan acara ritual adat Huler Wair oleh Karel, tokoh adat Desa Manubura, Kecamatan Nelle.

Dalam acara ritualnya, ia menasihati para Kades agar merangkul masyarakat di masing-masing desa.

“Berjalanlah seiring sejalan dan berbuat yang terbaik. Capailah tujuan, visi, misi, dan program unggul yang telah Anda janjikan kepada seluruh masyarakat. Cukupkanlah dirimu dengan apa yang menjadi hakmu. Jangan melebihi itu semua karena Anda adalah abdi Negara dan abdi masyarakat,” ungkapnya.

TERKINI
BACA JUGA