Tiga Prioritas Musrenbang Kelurahan Wuring

Maumere, Ekorantt.com – Pembangunan kolam labu Nangahure, Jebakan Air dan Pembangunan Jalan Lingkungan di Patisomba menjadi tiga prioritas utama yang diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada akhir Januari 2020 lalu

Lurah Wuring, Ignasius Ivonius menegaskan pembangunan dari kolam labuh, jebakan air dan pembangunan jalan lingkungan di Patisomba menjadi perjuangan yang dibahas dalam Musrenbang hari itu.

Di hadapan ratusan peserta Musrenbang, Ignasius menegaskan untuk mendapatkan kue pembangunan butuh komunikasi dan komitmen.

“Banyak hal yang diusulkan tapi kita di Kelurahan Wuring fokus pada tiga prioritas tadi,” ujar Ignasius.

Anggota DPRD Sikka, Petrus da Silva yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, segala sesuatu yang berurusan dengan program tentunya dalam koridor RPJMD. Karena semua pelaksanaan program akan diaudit dan tidak boleh keluar dari RPJMD sebagai produk peraturan daerah.

iklan

Petu, demikian disapa, menyodorkan beberapa hal pendekatan perencanaan. Sinkronisasi program harus mengikuti irama provinsi dan pusat. Pendekatan bottom-up mulai dari tingkat bawah berjenjang ke kecamatan dengan menyiapkan dokumen. Selain itu perlu keterlibatan pemangku jabatan dan pendekatan politik.

“Dari pendekatan ini Musrenbang dilakukan untuk menentukan skala prioritas mana yang harus diutamakan atau mana yang paling urgen. Mari kita tetapkan skala prioritas dari berbagai usulan yang masuk,” tegas mantan Kepala Dinas Keuangan Sikka ini.

Sementara Camat Alok Barat Marthen Aji menekankan kembali visi misi pemenuhan hak dasar masyarakat.

“Sebagus program apapun yang dibuat tapi tidak ditunjang oleh partisipasi masyarakat dan kemauan bekerja dengan hati maka sia- sialah semuanya,” ujar Marthen.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA