Telan Anggaran Rp1,5 Miliar, Proyek Sumur Bor di Wolonwalu Gagal

Maumere, Ekorantt.com – Proyek pengeboran air tanah di Dusun Gade, Desa Wolonwalu, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka gagal. Pasalnya, proyek yang dikerjakan oleh pihak P2AT Provinsi NTT tidak mengeluarkan air.

Dihubungi Ekora NTT, Sabtu (5/9/2020), Kepala Desa Wolonwalu, Inosensia mengatakan, dari data yang diperolehnya, pemerintah telah menyiapkan Rp1,5 miliar untuk proses pengerjaan proyek ini.

Menjadi aneh, bagi Inosensia, dengan anggaran yang besar, peralatan yang dipakai hanya menjangkau kedalaman terbatas sehingga tidak mendapatkan air.

Inosensia menuturkan, proyek tak dilanjutkan karena stang yang dipakai untuk pengeboran air hanya memiliki panjang 150 meter. Menurut P2AT, kemampuan alat mereka hanya sedalam 150 meter. Nah, ketika pengeboran mencapai kedalaman tersebut dan air tak ditemukan, maka proyek dihentikan.

“Mereka cerita ke kami kalau di desa lain bahkan pernah gali sampai kedalaman 170 meter dan mendapatkan air. Kenapa di Wolonwalu hanya pakai stang dengan kedalaman 150 meter saja. Kalau begitu, negara ini rugi besar kan hanya siapkan aggaran untuk bor air bukan untuk mendapatkan air,” ungkap Inosensia dengan nada kesal.

iklan

Hal ini bertolak belakang dengan hasil survei awal P2AT.

“P2AT kan yang menyatakan di lokasi tersebut ada air berdasarkan hasil survei. Kenapa sampai kemudian bilang lagi kalau alam tidak menginzinkan di situ ada air. Jawaban begini siapa saja bisa menjawab,” kata Inonsensia.

Menurut Inosensia, semur bor diusulkan warga pada tahun 2017. Realisasinya baru para tahun 2019.

“Kami tidak tahu mereka P2AT pakai alat apa waktu itu. Tetapi mereka sampaikan di situ ada air. Jadi kami masyarakat diminta untuk pembebasan lokasi. Sehingga, kami kumpul uang untuk pembebasan lokasi sebesar Rp35 juta yang dikumpulkan oleh 480 rumah tangga,” ungkap Inosensia.

Selain mengumpulkan uang untuk pembebesan lahan, sebut Inosensia, masyarakat menyiapkan uang untuk pelaksanaan upacara adat pada hari pelaksanaan pekerjaan 3 Agustus 2020. Setelah dikerjakan selama sebulan oleh teknisi P2AT, air tidak keluar.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA