Lumpuh Akibat Tersengat Listrik, Kuli Bangunan di Manggarai Butuh Uluran Tangan

Ruteng, Ekorantt.com – Teofilus Dahlan, 30 tahun, seorang warga asal Mbaumuku, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai yang saat ini mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya akibat tersengat arus listrik pada 21 April 2020 lalu.

Pria yang biasa disapa Wil ini  bekerja sebagai kuli bangunan di sebuah rumah di Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong. Theo tersengat arus listrik saat mengangkat sebuah balok berukuran empat meter di atas lantai dua rumah tersebut.

“Waktu diangkat ia tidak sadar ternyata baloknya sudah sentuh dengan kabel listrik,” cerita Mariana Jenaun, sang istri kepada Ekora NTT saat ditemui di kediamannya Sabtu (10/10/2020).

“Dia langsung disengat arus listrik, kemudian jatuh dari atas sekitar 4 meter. Tubuhnya pun langsung terbakar karena arus listrik itu,” ujar Jenaun menambahkan.

Pemilik rumah langsung mengantarnya ke RSUD dr. Ben Mboi. Teofilus sempat dirawat di rumah sakit selama satu bulan lebih, sejak bulan April hingga akhir Mei.

iklan

Menurut keterangan dokter, Teofilus mengalami penjepitan saraf pinggang sehingga pihak rumah sakit menyarankan untuk merujuk ke Bali.

Teofilus pun keluar dari rumah sakit. Hingga saat ini, dirinya pasrah dengan keadaan lantaran tak ada biaya untuk merujuk ke Bali.

Jenaun bercerita bahwa sang suami selalu merasa kepanasan di sekujur tubuhnya. Kepalanya mengalami luka. Bahkan tubuhnya gatal, tak bisa tidur, tidak bisa jalan, dan tak bisa makan, tangannya kaku tak berdaya.

“Kalau ke WC, ia diantar oleh saya. Dia lumpuh total,” kata Jenaun.

Teo dan sang istri, juga kedua buah hati mereka, sebelumnya merantau dan tinggal di Surabaya selama 10 tahun.

Bulan Desember 2019 lalu, mereka pulang ke kampung untuk melihat kondisi rumah mereka yang sementara dibangun. Namun, sampai sekarang rumahnya belum rampung.

Untuk mencukupi kebutuhan keluarga, ia bekerja menjadi kuli bangunan di Karot.

“Kami sekarang juga mengalami kesulitan ekonomi. Beli beras satu kilo sekarang setengah mati, Pak,” ceritanya dengan mata berkaca-kaca, sambil berharap bantuan untuk biaya pengobatan sang suami ke Bali.

Adeputra Moses

Bagi yang ingin membantu, silahkan menghubungi nomor HP 082144916375 atau bisa langsung berdonasi lewat Nomor Rekening BRI: 472401024078532 atas nama Mariana Jenaun (istri korban).

TERKINI
BACA JUGA