Hujan Pasir Libas Lima Desa di Ile Ape, Ini Imbauan Plt. Bupati Lembata

Lewoleba, Ekorantt.com – Hujan pasir melanda lima desa di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata pada Sabtu (31/72021). Dalam beberapa tayangan dan foto yang sempat beredar, tampak permukaan mobil dan motor penuh dengan onggokan pasir yang melekat dalam jumlah yang cukup banyak. Hal itu cukup meresahkan warga.

Sebelumnya, beberapa hari ini puncak Ile Lewotolok dilanda kebakaran hutan akibat lonjakan lava pijar yang membakar vegetasi di lereng gunung.

Plt. Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday pun mengimbau masyarakat di sekeliling gunung api Ile Lewotolok agar waspada terhadap hujan pasir.

“Hari ini sekitar jam 15.00, hujan pasir terjadi di Desa Waowala, Tanjung Batu, Amakaka, Lamawara, dan Bungamuda. Hujan lebat sedang terjadi di puncak Ile Lewotolok,” ujar Thomas Ola.

Pihaknya berharap, api cepat padam dan tidak menimbulkan banjir lahar dingin dari puncak.

iklan

“Camat dan BPBD sedang keliling gunung mengimbau warga agar tetap waspada,” tandasnya.

Sementara itu, KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok dalam rilis yang diterima media, mengingatkan adanya potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ile Lewotolok menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Selain itu, mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Ile Lewotolok, masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama di saat musim hujan.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA