Salut, Warga Borablupur, Sikka Swadaya Kerjakan Jalan Rabat

Maumere, Ekorantt.com – Swadaya warga kampung Borablupur di Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka merawat ruas jalan Wolonbetan-Borablupur patut diacungkan jempol. Seperti yang terjadi pada Sabtu (21/8/2021), mereka urunan untuk mengerjakan jalan rabat beton sepanjang satu kilometer.

Pembangunan jalan rabat beton ditandai dengan ritual adat yang dilakukan oleh tokoh adat setempat.

“Ini swadaya murni masyarakat Borablupur dan inisiatif dari para tokoh masyarakat. Melihat kondisi ruas jalan tanah ini sudah rusak parah, sehingga pada musim hujan datang sangat mengganggu aktivitas ekonomi warga. Mereka tidak bisa pergi jual hasil pertanian ke kota Maumere,” kata Penjabat Desa Persiapan Bura Bekor, Nolastus.

Bukan kali ini saja warga Borablupur bergotong-royong, kata Nolas. Sudah sejak lama mereka merajut kerja sama saat mengerjakan sesuatu.

“Material ini mereka sendiri yang kumpul mulai dari semen, batu, pasir. Ada juga bantuan dari anggota DPRD Sikka, Bapak Kardiman berupa 25 sak semen secara pribadi. Dan juga bantuan dari pihak lain,” sebut Nolas.

iklan

Camat Bola, Akulinus mengapresiasi dan mendukung swadaya masyarakat tersebut. Dirinya mengaku bangga.

“Pekerjaan jalan rabat beton murni swadaya dari masyarakat. Yang harusnya ruas jalan ini menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten, karena ini jalan kabupaten,” ujarnya.

Tetapi karena kebutuhan, lanjut Akulinus, masyarakat bersama penjabat Desa Bura Bekor dan para tokoh masyarakat bahu membahu untuk memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak.

Pemerintah, kata Akulinus, tidak akan tutup mata. Pemerintah melihat kekurangannya.

“Kita akan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terpencil Kampung Borablupur,” ucapnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Sikka, Bernadus Kardiman mengapresiasi para tokoh masyarakat dan warga Borablupur yang punya keinginan tinggi untuk merawat ruas jalan Wolonbetan-Borablupur.

“Partisipasi dari seluruh warga masyarakat dan dukungan dari para tokoh masyarakat untuk kegiatan ini sangat luar biasa. Sebagai anak tanah dari sini, saya hadir hari ini dengan memberikan bantuan 25 sak semen untuk mendukung kegiatan pekerjaan jalan rabat beton,” ungkapnya.

Kardiman pun akan memperjuangkan peningkatan  jalan Borablupur.

“Saya pernah menganggarkan jalan sepanjang 300 meter untuk Borablupur namun terjadi refocusing sehingga pekerjaan jalan dihentikan. Sementara tahun ini saya alokasikan untuk pekerjaan jalan Borablupur sepanjang 100 meter,” kata Kardiman.

TERKINI
BACA JUGA