Pangan Lokal Sorgum Jadi Primadona di Eksplorasi Budaya Lembata

Lewoleba, Ekorantt.com – Stan kuliner Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata, Peten Ina ikut memasarkan produk pangan lokal dari bahan dasar sorgum selama pekan Eksplorasi Budaya Lembata 2022.

Sekertaris Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata, Maria Yustina Lepa kepada Ekora NTT mengakui bahwa Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata beranggotakan 50 ibu-ibu dari beberapa dinas OPD.

“Kami berkomitmen memberdayakan bahan lokal dari bahan baku sorgum karena sorgum adalah tanaman pangan lokal tradisional warisan Nenek Moyang pengganti beras saat ini sudah punah,” kata Lepa di sela-sela pembukaan Eksplorasi Budaya Lembata, Kamis (3/3/2022) sore,

Lepa bersama ibu ketua, Anastasia Tapobali, meskipun sibuk sebagai ASN, tetapi naluri keibuan mereka tetap melekat sehingga selalu saja ada waktu untuk mengolah bahan lokal sorgum itu menjadi aneka hidangan. Salah satunya adalah kue sorgum.

Lepa menambahkan, selama ini Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata, Peten Ina, bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lembata untuk memberdayakan petani di sembilan kecamatan yang ada di Lembata. Diharapkan kelompok tani tersebut mengembangkan tanaman sorgum dan hasil panen mereka dibeli oleh Dharma Wanita Persatuan Lembata, Peten Ina.

iklan

“Bahan bakunya dari kelompok tani dan kami olah secara modern untuk menghasilkan aneka menu lokal dan salah satunya adalah kue sorgum,” ungkap Lepa.

Lebih jauh, Anastasia Tapobali menambahkan, bahan baku dari kelompok tani yang dibeli ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Lembata akan diolah dan dikumpulkan, lalu dijual bersama.

“Khusus kue sorgum dalam stan pameran Eksplorasi Budaya Lembata, kami menyajikan dalam kemasan plastik berisi 25 biji dengan harga Rp25.000 per bungkus, ada yang warna merah dan ada yang warna pink,” urai Tapobali.

Tapobali berharap dalam kegiatan eksplorasi tersebut, mereka bisa meraup keuntungan karena produk ini sudah langka dan istimewa.

Dia menambahkan, hasil penjualan itu akan disimpan di KSP Kopdit Pintu Air karena Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata termasuk dalam anggota KSP Pintu Air.

TERKINI
BACA JUGA