Tunjukkan Kinerja Terukur, Supomo Dorong Obor Mas Perkuat Kedaulatan Pangan

Maumere, Ekorantt.com – Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo berkunjung ke Kopdit Obor Mas dan berdiskusi tentang ‘Peningkatan Pembiayaan Sektor Riil Dalam Rangka Meningkatkan Kedaulatan Pangan’ pada Jumat, 11 Maret 2022.

Supomo dalam materinya mengapresiasi kinerja Kopdit Obor Mas yang sangat terukur, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Hal ini terwujud dalam suksesnya penyaluran kredit LPDB beberapa tahun belakangan.

Supomo sangat yakin bahwa kemitraan yang dibangun antara Kopdit Obor Mas dan LPDB mampu memperkuat kedaulatan pangan. Sejauh ini, Kopdit Obor Mas mengelola dana LPDB hingga mencapai Rp235 miliar.

“Kita siap mendukung langkah Obor Mas dengan mengalokasikan dana LPDB untuk memajukan ketahanan pangan anggota Kopdit Obor Mas yang mengembangkan usaha sektor riil seperti pertanian, peternakan, perdagangan dan sektor riil lainnya,” jelas Supomo .

Lebih lanjut, saran Supomo, Kopdit Obor Mas diminta untuk membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini dinas teknik yang mengurus pertanian, peternakan, perdagangan, dan sektor riil lainnya.

iklan

Dengan kolaborasi seperti itu, pembiayaan Kopdit Obor Mas tepat sasar karena mengacu pada kajian teknis yang dibuat dinas terkait.

Muara akhirnya, tandas Supomo, anggota koperasi bisa mengalami peningkatan kualitas hidup.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas Mbete mengatakan kemitraan selama 10 tahun antara LPDB-KUMKM dan Obor Mas berjalan mulus dalam semangat kekeluargaan.

“LPDB sangat mendukung, terutama di tengah pandemi,” kata Andreas.

Kredit LPDB, kata Andreas, mendorong anggota untuk kembali bangkit mengembangkan usaha produktif yang sempat terseok-seok kala pandemi.

“Kredit LPDB hanya diberikan kepada anggota yang punya usaha riil,” tandasnya.

Sementara General Manajer Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering mengatakan bahwa pada prinsipnya Kopdit Obor Mas siap bermitra untuk memperkuat kedaulatan pangan. Kucuran dana dari LPDB mampu membiayai usaha sektor riil anggota dalam menciptakan kedaulatan pangan.

Frediyanto juga memaparkan nilai kredit LPDB lima tahun terakhir. Pada tahun 2009, Obor Mas mendapatkan kredit Rp5 miliar, tahun 2014 sebesar Rp10 miliar, tahun 2016 sebesar Rp20 miliar, tahun 2020 sebesar Rp200 miliar. Sedangkan tahun 2022, dipercayakan untuk mendapatkan kredit Rp50 miliar

“Obor Mas memiliki agenda kerja dan berkomitmen untuk turut serta mendukung program pemerintah dalam mencapai ketahanan pangan melalui inovasi bisnis yang kami lakukan bersama LBDB-KUMKM ke depannya,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA