Tiga Siswa SMANSA Larantuka Ikut Lomba Stand Up Comedy di Aula Uniflor-Ende

Ende, Ekorantt.com – Tiga siswa-siswi yang berasal dari SMA Negeri 1 Larantuka (SMANSA Larantuka), mengikuti Lomba Stand Up Comedy di Aula Uniflor-Ende.

Lomba ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Flores, yang dibuka sejak Kamis 24 Maret-Sabtu 26 Maret 2022.

Silvester Witin, salah satu guru pendamping mengatakan, ketiga siswa-siswi yang ikut lomba dimaksud adalah Agustinus Koda (Aldino), Theodorus Apriantus Asang Kelore (Aris), dan Maria Fredela Kaha (Dela).

Sebelumnya, kata Silvester, anak-anak mengikuti Lomba Musikalisasi Puisi yang diselenggarakan oleh STFK Ledalero-Maumere, dan keluar sebagai pemenang pertama untuk tingkat SMA sedaratan Flores.

“Aldino, Aris, dan Dela memang memiliki bakat dan kemampuan sebagai komedian. Mereka sering mengikuti lomba di tingkat sekolah. Kerativitas mereka ini selalu dipacu dan ditingkatkan melalui perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan di tingkat sekolah dan masyarakat luas,” jelasnya.

iklan

Lebih jauh, Silvester menambahkan, ketiga anak didik mereka telah mengikuti lomba tahap pertama, Kamis (24/3/2022) bersama 12 peserta lainnya dalam kategori bebas untuk umum.

Silvester menjelaskan, ketiga anaknya bersaing dengan peserta lain yang rata-rata sudah pernah mengikuti Lomba Stand Up Comedy dan telah berpengalaman dalam komunitas dan perkumpulan komika di Malang dan Yogyakarta.

“Pada babak penyisihan, Aris dan Aldino tidak lolos ke babak semifinal. Sedangkan Dela Kaha dinyatakan sebagai peserta terbaik dengan nilai tertinggi dari 15 peserta yang ikut berlomba,” ungkapnya.

Guru pendamping lainnya, Theresia Bine Hayon, yang ikut mendampingi anak-anak, mengapresiasi semangat juang Aldino, Aris, dan Dela.

“Dela berhasil keluar sebagai pemenang dan lolos ke babak semifinal yang sedang digelar pada Jumat sore hari ini,” terang Theresia.

Sebagai guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMANSA Larantuka dan salah satu guru senior, Theresia menambahkan, dukungan semua guru dalam proses latihan membuat anak-anak siap tampil di hadapan publik.

“Mereka diteguhkan dan selalu punya prinsip dan motivasi untuk tetap menang dalam setiap event perlombaan apapun,” tandasnya.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Larantuka, Yakobus Milan Betan, dalam setiap arahannya pun selalu mengatakan, SMANSA Larantuka harus hadir dan selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan perlombaan.

“Tujuannya untuk meningkatkan bakat dan kreativitas siswa di satu sisi dan kesadaran untuk selalu belajar untuk berkompitisi secara sehat dan berpartisipasi secara aktif di tengah masyarakat luas dalam dunia dewasa ini,” katanya.

TERKINI
BACA JUGA