Bupati Djafar Sebut Kapal Dharma Rucitra untuk Bangkitkan Arus Wisatawan Flores

Ende, Ekorantt.com – Bupati Ende Djafar Achmad menyambut positif kehadiran armada angkutan laut Kapal Dharma Rucitra VIII milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU) di Ende, NTT.

Kapal mewah berkapasitas 1.300 penumpang dan dapat mengangkut 110 kendaraan roda empat tersebut resmi beroperasi dengan rute Surabaya- Lombok-Labuan Bajo-Ende.

Pemerintah Kabupaten Ende mengapresiasi PT DLU yang telah menjawab permintaan Bupati Ende Djafar Achmad pada 2022. Kehadiran kapal tersebut, kata Bupati Djafar, untuk membangkitkan arus wisatawan Flores.

“Kami bicara dengan manajemen pada satu tahun yang lalu. Alhamdulilah sebelum lebaran 2023 ini kapal sudah resmi layani kita di Ende. Harapannya dapat mendukung program pemerintah berupa pembangunan konektivitas antar-daerah pariwisata dengan membuka rute pelayaran Surabaya-Lembar-Labuan Bajo-Ende,” ungkap Bupati Djafar.

PT DLU melakukan pelayaran perdana KM Dharma Rucitra VIII dengan rute Labuan Bajo-Ende. Kapal ini sebelumnya berangkat dari Surabaya dan menyinggahi Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

iklan

Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama Rakhmatika Ardiyanto kepada wartawan, Minggu (26/3/2023) menyatakan kehadiran kapan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan sektor pariwisata, karena mengkoneksikan dua daerah pariwisata super premium yakni Lombok dan Labuan Bajo serta pariwisata super prioritas Kelimutu Ende.

“Salah satu program pemerintah adalah menumbuhkan sektor pariwisata Indonesia. Kapal kami menyinggahi dua destinasi wisata di DPSP, yaitu Lombok (Lembar) dan Labuan Bajo,” ujar Ardiyanto.

Selain menyediakan moda transportasi yang nyaman, PT DLU memberi kesempatan kepada para agen perjalanan wisata untuk menampilkan foto dan video destinasi wisata di atas kapal.

Ardiyanto bilang, PT DLU siap mendukung promosi wisata daerah di atas kapal tersebut.

“Kami bisa tampilkan video itu di atas kapal, kan dilihat oleh para penumpang,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan ada tiga pintu utama ekonomi di Flores saat ini, yakni Labuan Bajo, Maumere, dan Ende.

Oleh karena itu, kehadiran KM Dharma Rucitra VIII juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah Flores khususnya dari Kabupaten Ende.

“Kita ingin Flores ini alami pertumbuhan ekonomi yang bagus. Jadi kita bantu supaya masyarakat di Flores tidak kesulitan dapatkan kebutuhan,” tutur Ardiyanto.

Untuk diketahui, KM Dharma Rucitra VIII merupakan kapal ke 45 milik PT DLU yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu.

Beberapa fasilitas dalam kapal yakni ruang ekonomi duduk dan tidur, ruang VIP Sea Views, single cabin, double cabin, dan VIP Suite.

Sedangkan fasilitas umum yang tersedia yakni sarana olahraga berupa gym dan jogging track, ruang karaoke, barbershop, serta layanan laundry dan pijat bagi pengemudi truk.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA