Kapolres Manggarai Dinilai Layak Dapat Inspiring Professional dan Leadership Awards 2024 Asean Choice

Dari ketulusan niat dan kekuatan tekadnya untuk Manggarai, Edwin kemudian menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet sebuah penghargaan bergengsi dari Asean Choice Awards.

Ruteng, Ekorantt.com– Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh dinilai layak mendapatkan penghargaan Inspiring Professional dan Leadership Awards 2024 Asean Choice.

Hal tersebut disampaikan Ketua tim panitia seleksi kelayakan penghargaan atau awards dari Indonesian Award Magazine,  Dr. Ketut Abid Halimi.

Menurut Ketut, selama memimpin Polres Manggarai, Edwin mampu menjadi teladan dan terus berinovasi walaupun berhadapan dengan banyak keterbatasan.

“Dari rekam jejak digital dan personal, beliau memang pantas menjadi teladan, dan layak kami beri penghargaan,” katanya usai Edwin menerima penghargaan Inspiring Professional and Leadership Awards 2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta pada Sabtu, 30 Maret 2024.

iklan

Sementara itu, Edwin menjelaskan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua personel dan keluarga besar Polres Manggarai dari berbagai inovasi.

“Tentunya raihan penghargaan ini tidak lepas dari dukungan seluruh rekan-rekan anggota selama masa kepemimpinan saya,” katanya.

Ia menegaskan, dengan diraihnya penghargaan sebagai inspiring dan leadership tingkat Asia, ke depannya membutuhkan banyak kerja sama serta komunikasi proaktif dengan seluruh internal anggota, pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah hukum Polres Manggarai.

Edwin juga berkomitmen dengan capaian ini tentu saja tidak membuatnya berpuas diri. Ia senantiasa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus membaik.

“Capaian ini justru menjadi penyemangat kami, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kapolres kelahiran Pekanbaru tersebut pun berterima kasih kepada Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, karena telah membimbing dan mengarahkannya sekaligus memberikan banyak ilmu untuk optimasi pelayanan masyarakat.

“Terima kasih bimbingannya jenderal,” ungkap Edwin.

Polres Kecil

Menurut Edwin, Polres Manggarai merupakan Polres kecil yang ada di Polda NTT. Betapa tidak, jumlah personelnya hanya mempunyai setengah dari total personel ideal untuk tingkat Polres.

“Jika di-profiling, wilayah hukum Polres Manggarai hanya terdapat tiga Polsek dengan total 12  kecamatan,” jelasnya.

Ketiga Polsek tersebut antara lain, Polsek Reo membawahi Kecamatan Reok dan Reok Barat. Polsek Cibal membawahi Kecamatan Cibal dan Cibal Barat. Dan, Polsek Satarmese membawahi Kecamatan Satarmese, Satarmese Barat dan Satarmese Utara.

Sedangkan, lima kecamatan lainnya yakni Lelak, Wae Ri’i, Rahong Utara, Ruteng dan Langke Rembong belum mempunyai Polsek.

Kondisi itu tidak menyurutkan semangat Edwin untuk membuat banyak inovasi dan kreasi dalam melindungi masyarakat.

Ia dan jajarannya terus melakukan pendekatan kultural untuk menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Manggarai.

Hal itu terbukti ketika polisi mengamankan beberapa tempat Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Februari lalu. Kala itu, proses PSU dilakukan secara aman dan damai.

Dari ketulusan niat dan kekuatan tekadnya untuk Manggarai, Edwin kemudian menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet sebuah penghargaan bergengsi dari Asean Choice Awards.

Adapun penghargaan yang diraihnya yakni “The Winners of Inspiring Professional and Leadership Awards 2024”.

TERKINI
BACA JUGA