Ribuan Umat Islam Shalat Idul Adha di Lapangan Kota Baru Sikka

"Artinya bahwa sifat individualis, egoisme pelan-pelan kita mulai tinggalkan. Kebersamaan dan toleransi itu yang kita utamakan," ujarnya kepada wartawan usai pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Maumere, Ekorantt.com – Ribuan umat Islam Kabupaten Sikka melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Kota Baru Maumere, Senin, 17 Juni 2024, pagi.

Bertindak sebagai Imam, Abdul Azis, Wakil Imam Mesjid A Taqwa Beru dan Amir Djonu, Ketua Pelaksana Harian PHBI sebagai Khotib pada ibadah Shalat Idul Adha 2024.

Pantauan Ekora NTT, umat muslim dari anak-anak hingga dewasa mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WITA.

Mereka menggunakan tikar sebagai alasan untuk duduk melantai saat ibadah Shalat Idul Adha berlangsung.

iklan

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sikka, Lukman mengatakan, pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha 1445 tahun 2024 mengusung tema ‘Rela Berkorban untuk Kepentingan Bersama.”

“Artinya bahwa sifat individualis, egoisme pelan-pelan kita mulai tinggalkan. Kebersamaan dan toleransi itu yang kita utamakan,” ujarnya kepada wartawan usai pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Pelaksana ibadah Shalat Idul Adha tahun ini diikuti oleh lima masjid dalam wilayah kota Maumere.

“Ada juga saudara-saudari kami dari Masjid Nangahure bukit, lembah Krokowolong, Mujahidin Geliting, dan juga Waipare,” sebut dia.

Lukman menambahkan, umat yang mengikuti Shalat Idul Adha di Lapangan Kota Baru terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini,  lebih dari perkiraan sekitar 1.500 sampai dengan 2.000 jemaah.

“Karena memang baik Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) seluruhnya sudah sepakat. Kita melaksanakan ibadah Idul Adha secara bersama-sama di lapangan umum Kota Baru,” kata Lukman.

Pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha 1445 tahun 2024 juga mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan dan gabungan instansi terkait.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA