Berburu Oleh-oleh Khas di Ngada, Ada Kain Tenun hingga Produk Bambu

Bajawa, Ekorantt.com – Berbicara oleh-oleh di Bajawa, Kabupaten Ngada, kopi arabika mungkin sering terlintas dalam pikiran. Namun, masih banyak oleh-oleh khas yang mulai populer.

Kain tenun khas Ngada, cangkir bambu, teko bambu, miniatur kapal dari bambu mulai dipromosikan. Karya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) kini dipamerkan di Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bajawa.

Rumah BUMN terletak di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa. Rumah itu menjadi pusat oleh-oleh khas Ngada hingga karya-karya seni yang dibuat dari bambu.

Jaraknya pun tidak jauh dari Kota Bajawa, hanya sekitar 10 menit anda sudah sampai di pusat ekonomi kreatifnya (Ekraf) Kabupaten Ngada.

Di tempat ini, pengunjung akan melihat langsung karya-karya para pelaku UMKM yang terpanjang di sudut bangunan sederhana tersebut sambil menikmati kopi khas Bajawa.

iklan

“Di sini kita bekerja sama dengan pelaku UMKM, di mana para pelaku usaha ini bisa memajangkan hasil usahanya di tempat ini,” ujar pengelola Rumah BUMN Bajawa, Markus Lina kepada Ekorantt.com, Selasa (19/04/2022) di Bajawa.

Inilah tampilan produk lokal di Rumah BUMN Bajawa (Foto: Belmin Radho/Ekora NTT)

Tidak hanya bergerak di bidang promosi ekonomi kreatif, Rumah BUMN Bajawa juga melakukan pedampingan kepada para pelaku UMKM agar bisa naik kelas mulai dari go digital hingga go modern.

“Kita juga membantu para pelaku UMKM agar bisa mendapat izin usaha hingga membantu mereka naik kelas dengan memoderinisasi usaha mereka agar bisa naik kelas,” ujar salah satu pengelola, Renol Resi.

Menurut Renol, saat ini ada 30 pelaku UMKM yang sudah bergabung bersama Rumah BUMN Bajawa untuk mendapat pendampingan hingga akses modal.

“Kita juga memberi akses modal kepada para pelaku UMKM baik dari pemerintah daerah hingga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah,” kata Renol

Menurutnya, pada tahun 2022 ini pihaknya menargetkan sebanyak 250 pelaku UMKM bisa dibantu oleh Rumah BUMN Bajawa.

Selain itu, pihaknya juga memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM agar bisa memasarkan hasil karya mereka melalui sistem digital atau online.

“Kita juga membantu usaha para pelaku UMKM ini agar bisa go modern dan digital,” ujar dia.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA