Camat Kangae: Yang Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan Dapat Hadiah Sejuta Rupiah

Kangae, Ekorantt.com – Camat Kecamatan Kangae, Marten Aji menggelar sayembara senilai Rp1 juta bagi warga yang dapat menangkap pembuang sampah di sembarangan tempat.

Hal ini dilakukan karena kecintaannya akan kebersihan lingkungan serta komitmennya untuk menggelorakan semangat menjaga kebersihan lingkungan kepada segenap masyarakat di Kecamatan Kangae.

“Saya akan memberikan uang sebesar satu juta rupiah bagi orang yang tangkap pembuang sampah di sembarang tempat,” tutur Camat Marten Aji kepada Ekora NTT di ruang kerjanya, Kamis (14/3).

Menurut Marten, upaya membersihkan sampah yang digelorakannya melibatkan semua elemen warga yang ada di Kecamatan Kangae.

Aparat Danranmil, pada kepala desa, serta tokoh masyarakat dilibatkan dalam kerja bakti pada tempat-tempat umum seperti di kantor instansi pemerintah, sekolah, dan terminal seperti terminal bus antar kota jurusan Larantuka – Maumere di Lokaria.

iklan

Tempat ini diperhatikan karena menjadi titik penumpang harus turun setelah melakukan perjalanan.

Bagi sekolah-sekolah terutama SD dan TKK diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan menggunakan 3 pola penanganan meliputi, melihat, memungut dan membuang sampah pada tempatnya.

Camat juga merasa prihatin dengan sejumlah desa yang diketahui masih banyak keluarga yang belum memiliki kamar WC sendiri.

Hal itu diketahui ketika camat mengubah pola pendekatan pelayanan dengan cara berkantor di desa selama tiga hari.

Dari sinilah, camat mengetahui bahwa desa tidak memiliki data potensi desa sehingga kalau ada permasalahan, warga luput dari sentuhan pembangunan.

Ini menjadi salah satu tugas berat sang camat.

Namun, ia bertekad untuk mengatasi masalah tersebut melalui kerja sama dan koordinasi dengan pemerintahan desa agar dapat menggunakan Dana Desa sebagai jalan keluar mengatasi masalah tersebut.

 

 

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA