FKIP UKI Santu Paulus Ruteng Terjunkan 13 Mahasiswa ke Desa Robo

Ruteng, Ekorantt.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan progam wajib tahunan yang dilakukan oleh semua perguruan tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Salah satunya dilakukan oleh FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng yang menerjunkan 13 mahasiswa/i ke Desa Robo, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Adapun kegiatan yang dilakukan mereka, di antaranya bakti sosial, kegiatan literasi , pembuatan gapura, pagar indah, senam ceriah, dan sosialisasi tentang kesehatan dan pendidikan.

Rafael Gatur, Kepala Desa Robo, kepada Ekora NTT, mengatakan, secara pribadi dan sebagai pemerintah, dia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa/i yang sudah bekerja di desanya. Secara khusus telah memfasilitasi edukasi tentang kesehatan, kebersihan lingkungan dan menyadarkan masyarakat yang selama ini masih memiliki SDM rendah.

“Kami sangat berharap bahwa kehadiran dari mahasiswa FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus membawa perubahan bagi seluruh masyarakat yang ada di Desa Robo” ungkapnya sembari tambahkan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya kerja sama dalam hal bakti sosial masih minim.

Sementara itu, Astry Kerang, salah satu mahasiswi KKN kepada Ekora NTT, Jumat (26/07/2019), mengatakan, tujuan keikutsertaan dalam PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) itu mereka kerjakan berdasarkan  program kerja yang sudah dirancang bersama.

iklan

“Kami juga mau bawa perubahan untuk Desa Robo, dan kegiatan ini juga bisa berguna untuk kami sebagai mahasiswa,” tutupnya.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA