Hari Ini Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan ke Sejumlah Puskemas di Flotim

Larantuka, Ekorantt.com – Vaksin Covid-19 jenis Sinovac  mulai didistribusikan ke sejumlah Puskemas di wilayah Kabupaten Flores Timur (Flotim) mulai hari ini, Kamis (4/2/2021) hingga Jumat (5/2).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar, pendistribusian vaksin hari pertama untuk 10 Puskesmas, Balai Pengobatan dan Poli di wilayah daratan Flotim; dan pendistribusian hari kedua untuk sejumlah Puskesmas dan Balai Pengobatan di Pulau Adonara dan Solor.

Ogie mengatakan, sesuai pentunjuk teknis, vaksin tahap pertama ini diprioritaskan untuk seluruh tenaga kesehatan.

“Secara teknisnya, ketika vaksin tiba di Puskesmas langsung dilaksanakan vaksinasi,” ungkapnya kepada Ekora NTT usai kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk 10 pejabat esensial di Aula Setda Flotim, Rabu (3/2).

Ia menguraikan bahwa vaksin tahap pertama di Flotim sebanyak 4.000 vial. Jumlah itu mencukupi untuk vaksinisasi tenaga kesehatan yang berjumlah 1.960 orang.

iklan

“Seluruh tenaga kesehatan wajib disuntik vaksin. Kecuali orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Jika ada penolakan dalam pelaksanaanya maka akan dilaporkan pada Badan Pembina Kepegawaian,” tutur Ogie.

Lima Pejabat Batal Terima Vaksin

Dalam kegiatan pencanangan vaksin Covid-19 untuk 10 pejabat esensial di Flotim pada Rabu kemarin, ada lima pejabat yang batal divaksinasi.

Lima pejabat tersebut adalah Bupati Flotim, Antonius H. G Hadjon; Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli; Ketua DPRD Flotim, Robertus Rebon Kereta; Sekda Flotim Paulus Igo Geroda; dan Ketua Pengadilan agama Larantuka, H Adam.

Lima pejabat ini batal menerima vaksin karena kondisi kesehatan mereka yang tidak memungkinkan.

TERKINI
BACA JUGA