Plh Sekda: Belum Ada Informasi Pelantikan Bupati Mabar

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Ismail Surdi mengatakan, pemerintah setempat belum mendapat informasi terkait jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat.

“Sampai sekarang kami belum mendapat informasi dari provinsi, apakah Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat akan dilantik tanggal 16 atau 17 Februari sesuai dengan masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini,” ujar Ismail kepada Ekora NTT, Kamis (11/2/2021) di Labuan Bajo.

Dikatakan, pihaknya juga belum mendapat informasi terkait penunjukan PLH Bupati. Namun, Ismail mengaku sudah mendapat penjelasan dari pemerintah provinsi (Pemrov) NTT  dan Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri).

“Sesuai penjelasan yang kami dapat baik dari provinsi maupun kementerian dalam negeri, apabila sampai akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati saat ini belum ada pelantikan Bupati, maka ditunjuk Plh Bupati oleh gubernur,” jelasnya.

Kendati demikian, Ismail mengungkapkan penunjukan Plh Bupati, merupakan kewenangan gubernur.

iklan

“Tergantung Bapak Gubernur karena itu merupakan keputusan gubernur,” tegasnya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Manggarai Barat tengah menghadapi gugatan dengan perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat 9 Desember 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan tersebut diajukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Maria Geong-Silverius Sukur (MISI).

“KPU Manggarai Barat siap menghadapi gugatan Paket MISI di MK. Sebagai penyelenggara,K PU Manggarai Barat siap menghadapi gugatan di MK,” ujar Komisioner KPU Manggarai Barat Divisi Hukum dan Pengawasan, Ponsianus Mato, Desember lalu.

Selain KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mabar menegaskan, pihaknya siap menghadapi gugatan Paket MISI.

“Bawaslu Mabar siap menghadapi gugatan tersebut dan kami sudah mengumpulkan data-data pengawasan dari semua tahapan Pilkada yang telah dilakukan, baik dari penetapan DPS dan DPT serta tahapan lainnya. Bila kami diminta untuk menyampaikan keterangan, kami sudah Siap,” ujar Ketua Bawaslu Mabar, Simeon Sofan Sofian.

Sandy Hayon

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA