Warga Pedalaman Ende Terharu Saat Air Masuk Kampung, Maria: Terima Kasih Pak Dandim

Ende, Ekorantt.com – Warga Desa Tinabani mulai legah setelah akses air bersih masuk kampung mereka. Sebab, desa yang tergolong pedalaman tersebut sudah bertahun-tahun kesulitan air bersih.

Perasaaan terbersit dan haru di wajah mereka karena sejak jaman kemerdekaan, baru kali ini kebutuhan air bersih terpenuhi di Desa Tinabani. Desa itu terletak di Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mama Maria, salah seorang warga Desa Tinabani mengisahkan, sebelumnya, warga setempat harus rela berjalan kaki beberapa kilometer untuk mengambil air di luar perkampungan. Sebaliknya, lanjut dia, kini masyarakat sudah terbantu bahkan air bersih bisa masuk ke perkampungan itu.

Maria bilang usaha warga bersama aparat TNI Kodim 1602 Ende membuahkan hasil yang menjadi anugerah bagi mereka di awal tahun 2021.

“Air sudah masuk kampung. Terima kasih Pak Dandim dan anggotanya. Sebelumnya, kami ambil air langsung di mata air. Sekarang anak-anak bisa luangkan waktu untuk belajar karena tidak harus jalan jauh dan antri untuk mengambil air,”ujar Mama Maria.

iklan

Untuk diketahui, sebanyak 8 anggota TNI dari Kodim Ende bergotong royong secara swadaya bersama 20 warga Desa Tinabani untuk memasang instalasi perpipaan dengan menggunakan pompa hidran bantuan Dandim Ende.

“Ini bentuk solidaritas. Jadi kita senang mereka sudah bisa nikmati air bersih,”kata Dandim Nelson Paido Marpaung saat dikonfirmasi Ekora NTT melalui sambungan telephone pada Sabtu, (06/03/2021).

Dandim Nelson mengatakan partisipasi warga dalam kegiatan tersebut menjadi wujud kemanunggalan aparat TNI dengan masyarakat Kabupaten Ende.

“Iya, memang mereka butuh pompa Hidran untuk mendekatkan air ke kampung mereka. Kita bantu sesuai kemampuan. Saya bangga karena peran masyarakat di Tinabani luar biasa,”ungkap Dandim Nelson.

Ansel Kaise

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA