Banjir Rob Mengancam Warga Pesisir Utara Ende

Ende, Ekorantt.com – Gelombang tinggi serta pasang naik menghantam wilayah pesisir utara Kabupaten Ende dan menyebabkan banjir rob di sejumlah kawasan, termasuk di Desa Kebirangga, Kecamatan Maukaro.

Kasmirus Deo, warga setempat menyebutkan peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (02/04/2021) dini hari sekitar Pukul 03.30 WITA.

Gelombang tinggi menghempas air laut hingga ke pemukiman warga yang mengakibatkan sekitar 25 rumah terancam akibat pasang naik tersebut.

“Ini kejadian kali kedua tapi lebih parah dari tahun 2018,”kata Kasmirus, yang dihubungi melalui aplikasi Messanger, Jumat malam.

Kasmirus mengaku saat peristiwa banjir rob, ia bersama warga lainnya mendadak panik. Warga berhamburan menyelamatkan diri dan keluarga masing-masing saat air laut masuk ke pemukiman.

iklan

Ia menyatakan jarak pemukiman ke pesisir pantai sekitar 10 meter. Tidak adanya tembok penanggul membuat air laut naik hingga ke rumah warga.

“Karena tidak ada tanggul (penahan ombak) air laut masuk ke pemukiman. Setiap kali kami mengusulkan tapi belum realisasi,”katanya.

“Tanggul harus ada pak, kalau tidak setiap musim ekstrem begini mengancam kehidupan kami disini,”kata Kasmir.

Tim Ekora NTT

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA