Polisi Didesak untuk Menyelidiki Kasus Dugaan Keracunan Makanan di Manggarai Timur

Borong, Ekorantt.com – Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Timur didesak untuk segera menyelidiki kasus dugaan keracunan makanan yang terjadi saat acara kenduri – ritual khusus untuk orang yang telah meninggal dunia – di Watu Cie, Kelurahan Nggalak Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan.

“Dengan melihat kejadian yang luar biasa ini, dengan korban yang begitu banyak sampai ada yang meninggal dunia, maka sebagai masyarakat, kita mendesak, pihak Kepolisian Resor Manggarai Timur harus bertindak guna mengungkap penyebab adanya kejadian luar biasa ini,” tutur Advokat Peradi, Maximilianus Herson Loi, SH, kepada Ekora NTT, Rabu (5/5/2021) siang.

Herson menduga, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya peristiwa itu, seperti keterlibatan pihak ketiga atau oknum tertentu yang  punya rencana jahat terhadap pemilik hajatan, dan sumber makanan yang kadaluarsa.

Jika ditemukan bahwa ada keterlibatan pihak ketiga, kata dia,  maka diharapkan kepada pihak kepolisian untuk memberikan tindakan hukum.

“Namun, jika ternyata karena adanya sumber makanan yang kadaluarsa, maka Pemerintah Manggarai Timur harus bertanggung jawab atas kejadian ini,” tegas pria yang juga menjabat Sekretaris Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Manggarai Timur tersebut.

iklan

Sebanyak 179 orang menjadi korban dugaan keracunan makanan tersebut. 

Dari jumlah itu, 21 orang telah dinyatakan sembuh, dan 1 orang dilaporkan meninggal dunia pada Selasa, 4 Mei 2021.

Pemerintah Manggarai Timur telah menetapkan peristiwa ini sebagai kejadian luar biasa (KLB), sehingga biaya pengobatan semua pasien menggunakan APBD.

Pihak Dinas Kesehatan Manggarai Timur telah mengirimkan sampel makanan yang dikonsumsi oleh para korban untuk diperiksa pihak BPOM Kupang, sejak Senin, 3 Mei 2021. Namun, hingga kini, hasilnya belum keluar.

“Belum terima hasil dari BPOM Kupang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Timur, dr. Surip Tintin, Rabu (4/5) siang.

Rosis Adir

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA