Serah Bantuan Ternak Kambing ke Karang Taruna Raja Selatan, Ini Pesan Bupati Don

Mbay, Ekorantt.com – Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do menyerahkan bantuan 21 ekor  ternak kambing kepada Karang Taruna Raja Selatan, Kecamatan Boawae pada Jumat (25/06/2021).

Bantuan tersebut dialokasikan menjawab hasil kunjungan kerja Bupati Don pada Januari 2021 lalu.

Bupati Don mengatakan bahwa ada berbagai manfaat ternak kambing. Selain memperoleh daging yang berkualitas, kambing juga menghasilkan pupuk.

Ia mengharapkan agar kelompok penerima bantuan dapat memanfaatkan kotoran ternak kambing untuk pupuk tanaman pekarangan. Sehingga diharapkan, kandang yang dibangun model panggung agar dapat menampung fesef dan urine.

“Para penerima mampu untuk mengidentifikasi pakan lokal disekitar lokasi untuk diberikan pada ternak. Sehingga setiap hari panen kencing dan tahi, bisa digunakan sebagai pupuk,”kata Bupati Don.

iklan

Bupati Don juga meminta kepada Dinas Peternakan Nagekeo agar dapat berkomunikasi dengan ahli nutrisi ternak di Kampus Undana untuk mengetahui kandungan gizi pada tanaman yang dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Bupati Nagekeo menyerahkan 21 ekor kambing kepada Karang Taruna Raja Selatan (Foto: doc ist)

Kadis Peternakan, Klementina Dawo, menyebutkan bahwa tahun 2021 pihaknya mengadakan kambing kacang (lokal) berjumlah 46 ekor.

Adapun 25 ekor sudah diserahkan kepada KWT Merpati, Desa Wuliwalo, Kecamatan Mauponggo pada April lalu. Sementara, 21 ekor (19 ekor kambing betina dan 2 ekor jantan) diserahkan kepada Karang Taruna Raja Selatan, Kecamatan Boawae.

Kadis Klementina menyatakan, bantuan ternak tersebut adalah bantuan ternak hibah.

Penjabat Kepala Desa Raja Selatan, Yohanes Dhae Wea, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo. Ia pun mengharapkan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan.

“Terima kasih kepada Bupati yang telah menyerahkan bibit kambing ini di Raja Selatan. Supaya dapat dikembangbiakan di tingkat karang taruna. Terima kasih juga kepada Kadis Peternakan yang telah  memfasilitasi kegiatan penyerahan kambing ini,”kata Yohanes.

Ian Bala

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA