Gelar Hiburan Rakyat, Ribuan Warga Adonara Menari Hedung Bersama

Larantuka, Ekoratt.com – Ribuan warga Adonara menari hedung bersama dalam pagelaran hiburan rakyat di Desa Pepak Geka, Kecamatan Kelubagolit, pada Minggu (17/10/2021). Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, hadir dalam tarian massal tersebut.

Hedung merupakan tarian kemenangan perang masyarakat rumpun Lamaholot. Tarian tersebut menggunakan senjata tombak, parang dan busur. Kini, hedung sudah menjadi  seni budaya menyambut tamu, dan bisa dipentaskan dalam pertunjukan seni.

Tarian hedung massal tersebut diinisiasi oleh orang muda Desa Pepak Geka dan Pemerintah Desa setempat.

Kepala Desa Pepak Geka, Basir Kebesa Raya dan Ketua Karang Taruna, Antonius Sabon Olon selaku penyelenggara menegaskan bahwa acara tersebut sebagai hiburan rakyat yang melibatkan hampir semua desa di Pulau Adonara.

Acara tersebut berlangsung setiap hari Minggu selama lima minggu, di mana setiap desa mengirim utusan untuk menari. 

iklan

Menurut Agus Boli, tarian hedung ini memiliki tiga makna, yakni menegaskan ike kwaat atau kharisma kewibawaan desa atau lewotana, dan sebagai sarana untuk hiba nu mara, kuto ketuma, menaka menebe tobo pita pae knawe raa ata brara brihan, mata gwete atau sarana untuk mengusir roh-roh jahat yang mengganggu kampung. 

Kemudian, sebagai sarana silaturahmi sesama masyarakat dan juga sebagai hiburan umum. 

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA