PGRI Flotim Gelar Lomba Video Kreatif bagi Para Guru, Ini Syaratnya!

Larantuka, Ekorantt.com – Menyongsong HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Pengurus PGRI Kabupaten Flores Timur (Flotim) membuka ruang bagi guru-guru di wilayah itu untuk berpartisipasi dalam ajang menjaring guru inspiratif.

Tema yang diusung dalam ajang ini yakni, ‘Bagikan Semangat, Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar dan Pulihkan Pendidikan’.

Produk dalam ajang penjaringan guru inspiratif untuk mendapatkan Award 2021. Untuk itu, PGRI Flotim mengadakan lomba video pembelajaran kreatif dan inovatif yang menginspirasi.

Konten video diantaranya, masalah yang ditemukan guru dalam pembelajaran, solusi yang diberikan atau diterapkan guru kepada siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar dari prestasi yang diperoleh siswa setelah adanya penerapan solusi dari guru.

Adapun tujuan dari lomba ini yakni, memotivasi para guru di Flotim untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran, menginspirasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, membangun budaya belajar sepanjang hayat, kreatif dan inovatif.

iklan

Tujuan lain ialah mempublikasikan pengalaman terbaik dari hasil inovasi pembelajaran guru, memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi dan memberikan apresiasi serta penghargaan (PGRI Flores Timur Award) kepada guru inspiratif melalui kompetisi penciptaan inovasi pembelajaran yang sehat, obyektif, terbuka, dinamis dan akuntabel.

Peserta yang dilibatkan yakni guru TKK/RA, guru SD/MI, guru SMP/MTs, dan guru SMA/K dan MA se- Kabupaten Flores Timur.

Adapun ketentuan lomba, video yang diupload merupakan karya milik sendiri dan dapat dipertangungjawabkan, karya video dua (2) tahun terakhir, video diambil menggunakan kamera Smartphone atau kamera digital, video berdurasi 7-10 menit.

Kemudian, video belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi video lain, video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, dan melecehkan seseorang atau kelompok tertentu.

Kejuaraan ditetapkan oleh tim juri dan tidak dapat digugat serta video dengan jumlah view terbanyak akan ditetapkan menjadi juara favorit.

Lomba secara resmi telah diluncurkan oleh Maksimus Masan Kian, Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur pada Senin, (1/11/2021) dengan tata cara lomba sebagai berikut;

Peserta mendaftarkan diri melalui link https://forms.gle/fRBMujeBkuXhBHMY9, peserta mengunggah video menggunakan akun youtube PGRI cabang masing-masing dan dikirim ke nomor WhatsApp 081337110709.

Peserta juga diwajibkan membagikan video melalui Facebook dan menandai akun PGRI Flores Timur, peserta menuliskan keterangan (caption) yang menarik sesuai dengan video yang diunggah, menyertakan tagar #LombaVideoInspiratif, #PGRIFlotimAward, #HutPGRI2021.

Batas akhir pengiriman video pada Rabu, 17 November 2021, penilaian karya oleh Tim Juri 17-22 November 2021 secara daring. Sedangkan pengumuman lomba pada Selasa, 23 November 2021 secara online dan pemberian penghargaan pada Kamis, 25 November 2021 pada puncak HUT PGRI secara terpusat di Kecamatan Witihama.

Tim juri yang dilibatkan dalam kegiatan ini yakni, Munawir Patilima (guru berprestasi tingkat nasional), Gusty Richarno (Pemimpin Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT), dan Silvester Sina Wuan (Pengawas Sekolah Dikdas Dinas PKO Kabupaten Flores Timur).

Kejuaraan yang akan mendapatkan PGRI Flores Timur Award adalah peserta yang mendapatkan juara I, II dan III pada setiap jenjang pendidikan.

Maksimus Masan Kian, Ketua PGRI Flores Timur mengatakan di Kabupaten Flores Timur banyak guru kreatif dan inovatif yang menginspirasi namun barometer atau ukuran yang digunakan belum ada.

 “Ajang pemberian PGRI Flores Timur Award Tahun 2021 untuk menjaring guru guru inspiratif Kabupaten Flores Timur. Pada akhirnya, Flores Timur memiliki tabungan guru-guru inspiratif yang bisa menjadi jembatan membantu rekan sejawat dalam peningkatan profesionalisme. Juga persiapan mengikuti ajang di tingkat nasional.  Ruang apresiasi mesti terus ditumbuhkan dalam menciptakan iklim edukatif untuk saling menginspirasi,” kata Maksi.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA