Rayakan Ulang Tahun ke-15, Pemda Nagekeo Resmi Launching Beras Natural Mbay

Mbay, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Nagekeo memperingati hari jadi ke-15 sekaligus melaunching produk Mbay Natural Rice atau Beras Natural Mbay pada Rabu (8/12/2021).

Launching produk Beras Natural Mbay dilakukan oleh Bupati Nagekeo dr. Johannes Don Bosco Do pada sela-sela perayaan HUT Nagekeo di Halaman Kantor Bupati. Beras Mbay disebut sebagai salah satu produk unggulan daerah Nagekeo.

Beras tanpa pemutih, tanpa pengawet serta mengandung vitamin dan gizi itu merupakan hasil kerja sama Pemda Nagekeo dengan PT. Pandawa Agri Indonesia. Dengan demikian, produk Beras Natural Mbay bisa diedarkan dan dapat dikonsumsi masyarakat.

Bupati Don mengatakan HUT Nagekeo kali ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan grand launching beras Mbay.

Beras Mbay, kata Don, merupakan jenis beras sehat yang lebih higienis karena pada prinsipnya lebih mengutamakan pupuk organik. Produk ini dihasilkan berkat dampingan secara khusus oleh tenaga profesional dari PT Pandawa Agri Indonesia yang sebelumnya telah bermitra dengan Pemkab Nagekeo.

iklan

“Selama dua tahun kami berkenalan dengan Pandawa Agri Indonesia yang datang dengan sebuah solusi untuk menurunkan penggunaan insektisida yang berlebihan melalui reduktan. Ini adalah solusi agar kesuburan tanah dapat dikembalikan dengan penggunaan mikronutrein,” tutur Bupati Don.

Produk Beras Natural Mbay, Kabupaten Nagekeo [Foto : dok ist]
Menurutnya, peluncuran perdana produk berlabel khusus ini sebagai komitmen Pemerintah Nagekeo dimana sektor pertanian sebagai sektor unggulan untuk lebih meningkatkan pendapatan para petani.

Label khusus sebagai natural rice yang mencirikan beras Mbay sebagai beras sehat bertujuan untuk membangun kepercayaan pasar bahwa Kabupaten Nagekeo saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi lumbung pangan NTT.

Sebab, hal itu didukung dengan ketersediaan lahan irigasi di Mbay Kanan 3.500 hektare dan lahan potensial di Mbay Kiri sekitar 300 hektar.

Bupati Don berharap agar setelah diluncurkan beras Mbay mendapatkan feedback dari para konsumen untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Nagekeo.

Ian Bala

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA