Enam Putra-Putri Sikka Raih Beasiswa LPDP, Tempuh Gelar Magister-Doktor Dalam dan Luar Negeri

Maumere, Ekorantt.com – Sebanyak 6 (enam) putra-putri dari Kabupaten Sikka, NTT menjalani proses seleksi dalam penjaringan penerimaan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Mereka akan melanjutkan pendidikan pada program magister-doktor tahun 2022 di dalam dan luar negeri.

Keenam putra-putri diantaranya 5 orang melanjutkan ke jenjang magister dalam dan luar negri, 1 orang ke pendidikan doktor luar negeri, 4 orang berstatus PNS daerah Kabupaten Sikka dan 2 orang baru saja lulus dari pendidikan S1.

Berikut keenam mereka dengan rencana studi masing-masing;

Daniel Dau (Fungsional Laboratorium Kesehatan Daerah Sikka) dengan pilihan akan melanjutkan studinya pada Magister Kedokteran Laboratorium Unair/Magister Biomedik (UI/Unhas).

iklan

Maria Antonia Yersi (Fungsional Medik Veteriner Distan Sikka) Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner di Unair/IPB, atau Magister Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Ernamia Maria (Inspektorat Daerah Kabupaten Sikka) melanjutkan studi pada  program Master of Public Administration (University of Arizona atau University of Maryland).

Ludgerus D.S.R. da Gama (Kabid di Bapelitbang Sikka) melanjutkan program doktoral  PhD in Public Policy (University of Chicago/New York University/Michigan University).

Sementara dua orang yang barusan melesaikan program S1 yakni Agnes Deandra Bangkur melanjutkan studi pada program Magister Hubungan Internasional (UI/ UGM) dan Regina F.D. Yasmin melanjutkan studi pada Program Master of Science in Global Marketing Management (Boston University/Master of  Science in Management (University of Illinois/University of Maryland).

“Suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami boleh mendapatkan kesempatan baik ini dan banyak terimakasih untuk pemerintah yang telah memberikan perhatian lebih bagi putra-putri NTT untuk dapat menimba ilmu yang lebih tinggi,” ungkap Maria Antonia Yersi salah satu penerima Beasiswa LPDP kepada Ekora NTT, Kamis (06/01/2022).

Menurut Yersi, mereka menjalani 3 tahapan seleksi dengan sistem gugur yakni seleksi administrasi termasuk didalamnya sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (Toefl/ Ielts), seleksi potensi akademik/bakat Scolastica dan wawasan kebangsaan serta wawancara.

“Puji Tuhan kami bisa melewati semua tahapan dengan baik dan akhirnya mendapatkan kesempatan ini,” ujar Yersi.

Untuk diketahui, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dikelola Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyediakan berbagai program beasiswa bagi putra-putri terbaik bangsa untuk melanjutkan pendidikan mulai dari jenjang sarjana, magister hingga doktor di dalam maupun luar negeri.

Beberapa jenis beasiswa yang disediakan adalah beasiswa afirmasi, beasiswa tertarget dan beasiswa umum.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA