Kuda Barbara Asal Ende Buka Kemenangan Pacuan Kuda Oga Ngole-Nagekeo

Mbay, Ekorantt.com – Kuda Barbara tampil memukau dalam pembukaan lomba pacuan kuda Piala Bupati Nagekeo di Sirkuit Oga Ngole-Olakile, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Minggu (15/5/2022) siang.

Kemenangan pertama kuda asal Kabupaten Ende itu membuat seisi arena bersorak ria. Para penonton berteriak dan berlompat sebelum si joki cilik kuda Barbara, Ius Bota Siko (12), memasuki garis finis.

Pantauan media ini, kuda betina itu berlari kencang mulai dari awal putaran. Kemudian diikuti kuda Ana Dhuri yang terus berduet sengit hingga di jarak sekitar 1000 meter. Namun, si joki cilik itu terus memacu hingga Barbara memasuki garis finis pertama.

Urutan kedua adalah kuda Ana Dhuri, kuda Briela pada urutan ketiga, lalu kuda Black Jabar, Mandalika dan posisi keenam diisi oleh kuda Hoga Sawu.

Kuda milik Angelius Wake Kako itu mulai membuka kemenangan pertama Run 1 Kelas B sepanjang 1200 meter.

iklan
Angelius Wake Kako pemilik kuda Barbara sedang menggendong Ius Bota Siko (Foto: Ian Bala/Ekora NTT)

“Saya senang, ini adalah pembukaan yang baik,” tutur Angelius, lantas menggendong si joki cilik, Ius Bota Siko.

Ius sendiri tampak tersenyum setelah meraih kemenangan pertama pada Run 1 itu. Ia tidak berkata-kata banyak setelah ditanya wartawan.

“Saya baik-baik saja,” pungkas bocah bernomor punggung 4 (empat) itu.

Diinformasikan, perlombaan pacuan kuda Piala Bupati Nagekeo di Sirkuit Oga Ngole-Boawae diikuti 132 kuda mulai dari Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo, dan Kabupaten Ende.

Adapun dari luar Flores yang ikut dalam perlombaan itu yakni Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Sabu, Rote dan daratan Timor serta dari Sulawesi.

Lomba pacuan kuda yang diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Nagekeo itu digelar mulai 15 Mei 2022 hingga 22 Mei 2022.

TERKINI
BACA JUGA