Proyek WVI Dukung Tata Kelola WASH untuk 3 Kabupaten di NTT

Ende, Ekorantt.com – Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar workshop pencanangan proyek Financing WASH For Universal Coverage Project (FINWASH4UC) untuk mengembangkan pembiayaan infrastruktur air dan sanitasi dan model layanan berkelanjutan.

Program tersebut menyasar tiga kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaten Ende, Nagekeo, dan Ngada serta tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Malawi, Sintang, dan Sekadau.

Demikian dijelaskan CEO dan Direktur Nasional WVI, Enjelina Theodora pada kamis (30/6/2022) melalui Zoom Meeting pada acara workshop yang digelar di Aula Bina Keramiman Ende-Flores.

Dikatakannya, komponen utama program tersebut mengembangkan pembiayaan infrastruktur air, sanitasi, dan model layanan berkelanjutan melalui aktivitas assessment, survey, FGD, review kebijakan dan mekanisme pembiayaan.

Dalam uraiannya, WVI bersama lembaga kemitraan berupaya mengembangkan pembiayaan air dan sanitasi dan model layanan berjelanjutan, mengembangkan kemitraan investasi air dan sanitasi serta mengembangkan sistim percontohan akuntabilitas keuangan.

iklan

“Program ini untuk mendukung tercapainya SDG 6 yakni air bersih dan sanitasi layak, menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua,” kata Theodora.

Sementara itu, Direktur Perumahan Kawasan Pemukiman Kementerian PPN/Bapenas, Tri Dwi Virgianti dalam paparan materinya mengatakan kebutuhan akses layanan air minum bersih bagi warga menjadi tanggung jawab pemerintah dan semua stakeholder pemerhati.

Untuk itu, jjar Virgianti, kolaborasi dan sinergitas antar komponen menjadi penting untuk sinkronisasi di lapangan.

“Kita prediksi jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2030 sebanyak 296 juta. Dari jumlah tersebut, kita wajib memastikan ketersediaan air bersih yang nyaman. Telah banyak program yang digalang pemerintah seperti Pamsimas,” ujar Virgianti.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA