Orang Muda Katolik Harus Jadi Pelopor Implementasi Nilai-nilai Pancasila

Mbay, Ekorantt.com – Orang Muda Katolik (OMK) harus menjadi pelopor dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dalam wadah NKRI.

RD. Dr. Rofinus Neto Wuli menekankan hal ini dalam pemaparan materi tentang Politik Hukum dan HAM kepada ratusan OMK dalam pekan Ndora Youth Day di Balai Pelatihan Kantor Desa Ulupulu 1, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, NTT Kamis (7/7/2022) pagi.

“Karena tantangan untuk NKRI saat ini, tergerusnya atau berkurangnya nilai-nilai nasionalisme kebangsaan karena ada ancamam nasionalisme dengan melakukan doktrinasi terstruktur dan sistematis yang juga menyasar ke orang muda,” ujar Romo Roni, demikian disapa.

Pastor Moderator TNI-Polri ini menyebutkan tantangan lain bangsa ialah terjadi degradasi atau penurunan penghayatan kehidupan moral misalnya korupsi, kolusi dan nepotisme yang mempengaruhi terhadap nilai-nilai nasionalisme.

Kemudian munculnya kelompok tertentu untuk menentang pancasila dengan adanya pengaruh yang mengguncang orang muda agar nilai Pancasila yang terkandung menjadi lebih ego dan kapitalis dari pada menanamkan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan.

iklan

Tantangan lain, Romo Roni melanjutkan, adanya visi politik pada orang dan kelompok tertentu yang mempolitisasi suku, agama dan ras (Sara) untuk menggapai suatu kemenangan.

“Ada juga ancaman nilai Pancasila misalnya hoaks, ujaran kebencian dan kebohongan-kebohongan lain di media sosial. Nah, ini menjadi tantangan yang menerpa orang muda saat ini,” ujar Romo Roni.

Karena itu, eks Pastor Paroki Ndora ini meminta orang muda untuk mengembalikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah kehidupan bermsayarakat. Orang muda harus menjadi kekuatan yang membawa pembaruan nilai-nilai itu.

Romo Roni juga mengajak orang muda agar terlibat dalam berpolitik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Orang muda mesti menjadi pelopor dalam menjalani dasar-dasar politik dengan satu tujuan ialah untuk kepentingan umum.

“Politik kotor biasa dilakukan oleh orang-orang yang tidak menjalani sesuai dasar-dasar politik. Bonum Commune adalah dasar berpolitik. Orang muda harus ikut berpolitik untuk kesejahteraan umum,” katanya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA