Pintu Air Jadi Jawara Tingkat Nasional, Yakobus Jano: Buah dari Kerja Tim

Maumere, Ekorantt.com – Induk Koperasi kredit (Inkopdit) merilis peringkat Koperasi Kredit (Kopdit) berdasarkan jumlah anggota di atas 1.000 per Desember 2021. Litbang Inkopdit menempatkan KSP Kopdit Pintu Air pada peringkat pertama dari 323 kopdit primer secara nasional.

Data Inkopdit yang dilansir Majalah PICU (Pusat Informasi Credit Union) Edisi Mei-Juni 2022 menyebutkan jumlah anggota riil KSP Kopdit Pintu Air mencapai 268.153 orang dengan total aset 1,529 triliun rupiah per 31 Desember 2021.

Ini jadi catatan paling membanggakan selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2019. Padahal sebelumnya, CU Lantang Tipo menempati peringkat pertama dengan anggota sebanyak 192.633 orang pada tahun buku 2018

Pada tahun berikutnya, anggota CU Lantang Tipo naik menjadi 201.820 orang. Sedangkan Pintu Air, dari 186.391 anggota pada tahun buku 2018 naik menjadi 229.018 pada tahun buku 2019.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengapresiasi “kerja tim” baik pengurus, pengawas, manajemen, maupun anggota atas capaian itu.

iklan

Bagi Jano, prestasi ini tentu menjadi kemajuan yang luar biasa. Kopdit Pintu Air terus mempertahankan filosofi berkoperasi yang benar bahwa “Koperasi adalah kumpulan orang-orang” dan bukan kumpulan modal.

Bagi Jano, definisi koperasi merupakan kumpulan orang-orang. Setiap orang bergabung menjadi anggota demi meningkatkan ekonomi keluarga dalam kebersamaan.

Pada prinsipnya Pintu Air “tidak ada sekat-sekat” dalam mengumpulkan anggota. Tidak hanya mempertimbangkan untung-rugi tapi juga memperhatikan sisi kemanusiaan.

“Kita mengayomi mereka yang terpinggirkan dan tertinggal. Jangan biarkan mereka terabaikan,” ujar Jano.

Ditambahkan pula dalam sambutannya pada RAT Tahun Buku 2022, Jano mengajak seluruh keluarga besar Kopdit Pintu Air untuk bekerja keras, melebarkan sayap pelayanan koperasi dan harus bisa melayani anggota satu juta orang pada tahun buku 2025.

TERKINI
BACA JUGA