Dukung ITPN Ende, Kadis Perikanan Sikka Teken Kerja Sama

Maumere, Ekorantt.com – Kepala Dinas Perikanan Sikka, Paulus Hilarius Bangkur mendukung hadirnya Institut Teknologi Perikanan Nusantara (ITPN) Ende.

Dukungan ini tampak melalui penandatanganan kerja sama (Memorandum of Agreement) dengan Rektor ITPN Ende Elias Otavianus Lodo Pe bertempat di Kantor Dinas Perikanan Sikka pada Kamis (4/8/2022).

“Sebagai Kepala Dinas sangat mendukung kerjasama ini. Karena ke depannya ITPN akan menghasilkan SDM yang berbasis perikanan,” kata Kadis Paul Bangkur kepada Ekora NTT Jumat (5/8/2022).

Hadir pada penandatanganan kerja sama Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Sikka, Kabid Perikanan Tangkap dan rombongan dari Institut Teknologi Perikanan Nusantara Ende.

Paul lebih lanjut menuturkan, ke depan pemanfaatan potensi perikanan tangkap, budidaya perikanan maupun processing bisa dilakukan oleh SDM yang dihasilkan dari Perguruan Tinggi lokal yang ada di NTT, khususnya di Pulau Flores.

iklan

“Kami mendukung upaya kerja sama ini terutama memfasilitasi mahasiswa untuk bisa melakukan praktek di perusahaan perikanan dan kapal-kapal penangkap ikan yang ada di Maumere,” tandasnya.

Sementara Rektor ITPN Ende, Elias Oktavianus Lodo Pe ketika diminta komentarnya terkait penandatanganan kerja sama (MoA), ia mengatakan, ini sebagai langkah strategis dan sangat penting mengingat ITPN Ende merupakan Perguruan Tinggi pertama di NTT yang fokus di Bidang Perikanan.

“Perlu bersinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan yang ada di NTT guna mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Perikanan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Dijelaskan pula, potensi perikanan tangkap merupakan salah satu faktor pendukung berdirinya ITPN Ende.

Untuk potensi perikanan di Kabupaten Ende, akui Elias, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan potensi yang ada di Provinsi NTT, karena daerah penangkapan masih di Laut Sawu dan Laut Flores.

Mayoritas hasil laut, tambahnya, berupa ikan tuna, cakalang, tongkol, layang, dan tembang. Sedangkan, tangkapan sampingan berupa ikan demersal dan molusca seperti kerapu, kakap, dan cumi-cumi.

Tiga Program Studi

Rektor Elias mengemukakan kegiatan kuliah perdana ITPN Ende direncanakan tanggal 5 September 2022 mendatang.

ITPN, katanya lagi, hadir dengan 3 Program Studi (Prodi) yakni Akuakultur, Teknologi Penangkapan Ikan, dan Teknologi Hasil Perikanan.

Elias menambahkan, untuk gedung kampus ITPN saat ini dalam proses pembangunan dan lokasinya di KM 4 belakang Barata Ende.

Ia mengungkapkan animo masyarakat untuk mengirim anak mereka ke ITPN ini sangat tinggi, khususnya di daerah pesisir dan saat ini sudah banyak calon mahasiswa yang mendaftar.

Terkait dosen yang akan bekerja di ITPN, Elias menambahkan dosen di ITPN berjumlah 15 orang dan merupakan lulusan dari universitas terkemuka di Indonesia seperti IPB dan Universitas Brawijaya Malang.

TERKINI
BACA JUGA