Lantik 17 Kades, Bupati Sikka Minta Kerja Lebih Keras dan Cerdas

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo melantik 17 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades Serentak 2022.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di lantai 3 kantor Bupati Sikka, Sabtu, (27/8/2022).

Bupati Robi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas peran serta dan keterlibatannya sehingga Pilkades Serentak terlaksana dengan baik, khususnya kepada Forkompinda dan masyarakat yang telah melaksanakan pesta demokrasi dengan tertib, aman dan lancar.

“Kami ucapkan selamat kepada kepala desa yang baru dilantik hari ini agar bekerja lebih keras dan cerdas dalam membangun desa tetap berpedoman pada aturan yang ada, dan mampu mengelola Dana Desa semaksimal mungkin karena ini adalah tugas dan yang harus dijalankan dengan baik,” ungkapnya.

Robi bilang, Kepala Desa yang mengemban tugas baru ini harus pulang ke desanya masing-masing dan langsung bekerja, membangun koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan juga semua pihak dalam mewujudkan persoalan hak-hak dasar masyarakat.

iklan

“17 Kades yang baru dilantik hari ini, saya mengajak segera menyelesaikan persoalan hak-hak dasar masyarakat, yakni air, listrik, sinyal internet di masing-masing desa, dan infrastruktur jalan, dan lainnya. Hal ini agar menunjang kemajuan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat desa,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sikka, Philip Fransiskus dalam sambutannya mengajak kepada Kepala Desa terpilih untuk tidak merayakan dengan euforia berlebihan, tetapi harus merangkul semua masyarakat tanpa membedakan.

“Kades terpilih harus segera menjalankan tugas yang disesuaikan dengan RPJM Desa yang memuat visi dan misi Kepala Desa. Pelaksanaan pembangunan desa melibatkan peran aktif masyarakat. Dari RPJM Desa tersebut Pemerintah Desa harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) untuk jangka waktu satu tahun yang memuat kerangka program prioritas desa, rencana kegiatan dan pembiayaan,” ujarnya.

Pantauan Ekora NTT, sebelum 17 Kades dilantik, didahului dengan acara ritual adat oleh perwakilan tokoh adat dari 3 wilayah yakni, Maumere Timur, Maumere Barat dan Maumere Tengah.

Dalam acara ritualnya, perwakilan tokoh adat dari tiga wilayah menasihati para Kades agar merangkul masyarakat di masing-masing desanya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA