Bupati Don Sebut Program INOVASI Dorong Kecerdasan Anak Menuju 100 Tahun Indonesia

Mbay, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Nagekeo menilai program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) diterapkan sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak dini menuju usia Indonesia yang ke-100.

“Program ini lebih menyentuh kepada anak kelas rendah di wilayah kita. Buat saya ini adalah kesempatan yang baik untuk mendorong kecerdasan anak di Nagekeo menuju 100 tahun Indonesia,” ujar Bupati Nagekeo dr Johannes Don Bosco Do, Selasa (7/2/2023) di Mbay.

Kunjungan tiga kementerian ke Nagekeo pada 8-10 Februari 2023, kata Don, untuk verifikasi dan validasi berkaitan pendekatan implementasi dan pendampingan program INOVASI. Selanjutnya, diverifikasi melalui sistem asesmen nasional.

“Inovasi konsentrasi ke kelas bawah mengenai tulis, baca, hitung (enumerasi). Program ini melekat dengan anak-anak termasuk di tingkat PAUD,” kata Bupati Don.

Selain itu, program INOVASI juga memberi hal positif kepada para guru mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam kelompok kerja guru (KKG).

iklan

Dengan itu, diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia sejak dini sesuai tujuan pemerintah, kata dia menambahkan.

“Pemkab Nagekeo merasa tertolong, mereka membawa perubahan pembelajaran. Sekolah tidak hanya sebagai tempat berkumpul tapi sebagai tempat pembelajaran. Kita mulai dari kelas bawah, termasuk PAUD,” kata Bupati Don.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat eselon I dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan berkunjung ke Kabupaten Nagekeo pada 8-10 Februari 2023 nanti.

Kunjungan Pemantauan Bersama (Joint Monitoring Visit) ini bertujuan melihat langsung pendekatan implementasi, pola pendampingan dan pengimbasan Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) dan mitra pembangunan pendidikan lainnya di Nagekeo.

Para pembuat kebijakan dari ketiga kementerian tersebut juga akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan dan kendala Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), akses terhadap Platform Merdeka Mengajar (PMM), serta Rapor Pendidikan.

TERKINI
BACA JUGA