Desa yang Sukses Tanam Bambu di Mabar Bakal Naik ADD Dua Kali Lipat

Labuan Bajo, Ekorantt.com– Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menjanjikan ada kenaikan Anggaran Dana Desa (ADD) dua kali lipat, jika ada desa yang sukses membudidayakan bambu.

“Bagi desa yang tanam pohon bambu dengan sukses, kita naikkan dana desa yang bersumber dari ADD hingga dua kali lipat,” janji Bupati Edi dalam sambutannya pada kegiatan Tahun Baru Bersama di Golo Welu, Kecamatan Kuwus, Kamis, 18 Januari 2024.

Ia menegaskan, alokasi ADD naik hingga dua kali lipat itu merupakan bentuk penghargaan Pemkab Mabar kepada pemerintah desa karena telah mengambil bagian dalam mengatasi krisis iklim.

Menurutnya, saat ini di berbagai belahan dunia telah terjadi pemanasan global dan krisis iklim. Jika dibiarkan, maka akan menjadi ancaman bagi masa depan bumi dan seluruh penghuninya.

iklan

Dikatakan, pemanasan global yang saat ini terjadi bukan merupakan peristiwa biasa, tetapi luar biasa yang tentu saja membutuhkan solusi.

Bupati menegaskan, langkah solutif yang diambil Pemkab Manggarai Barat, salah satunya adalah dengan menyediakan bibit bambu untuk dibagikan kepada masyarakat, kemudian ditanam di masing-masing wilayah.

Hingga kini sudah 63.000 anakan bambu yang sudah ditanam pada berbagai wilayah di Kabupaten Manggarai Barat.

“Tak berhenti sampai di situ, sebab saat ini pun, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terus mengajak para kepala desa untuk menggalakkan program penanaman bambu di wilayah desanya masing-masing,” ujar Bupati Edi.

TERKINI
BACA JUGA