Thomas Dohu Klaim NasDem Jadi Rumahnya menuju Pilkada Manggarai

Partai NasDem telah membuka diri, sehingga Thomas menjadi orang pertama yang datang menyerahkan berkas pendaftaran.

Ruteng, Ekorantt.com – Bakal calon bupati Manggarai Thomas Dohu mengklaim bahwa Partai NasDem merupakan rumah baginya dalam kontestasi pemilihan kepala daerah Manggarai pada November mendatang.

“Bagi saya, NasDem itu rumah kami, rumah saya sendiri ‘anak bara wua tuka latang te Pilkada 2024,” kata Thomas ketika mendaftar ke Partai NasDem yang beralamat di Jalan Adisucipto Ruteng, Kecamatan Langke Rembong pada Rabu, 1 Mei 2024.

Partai NasDem telah membuka diri, sehingga Thomas menjadi orang pertama yang datang menyerahkan berkas pendaftaran.

Ketika sudah masuk dalam struktur Partai NasDem, Thomas merasa ada kekuatan. Ia menganggap itu sebagai ‘angin segar’ karena tim kerjanya bukan hanya datang dari keluarga maupun kerabat, juga dari struktur partai.

iklan

Dengan demikian timnya telah memulai kerja-kerja untuk kemenangan, terutama mengangkat popularitas dan elektabilitasnya.

“Tentu dilakukan koordinasi secara intensif baik menyiapkan langkah-langkah kerjanya, membuat target dan prioritas, sehingga proses itu dilewati bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ucapnya.

Thomas sudah mendaftarkan di dua partai, di antaranya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat.

Ia mengaku membutuhkan koalisi sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, yang syaratnya adalah harus memiliki kursi sebanyak 20 persen dari hasil pemilihan umum terakhir.

“Jika menghitung dari satu partai di Manggarai tidak cukup, sehingga diperlukan koalisi dengan partai lain. Makanya kami mendaftar lebih dari satu partai politik,” terangnya.

Kunjungan Capai 60 Persen

Thomas sudah berkunjung ke hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Manggarai. Kunjungan desa dan kelurahan telah mencapai 60 persen.

Kendati demikian, Thomas enggan menilai soal banyak jumlah tempat yang sudah dikunjungi. Lebih dari itu adalah untuk mengetahui kondisi di lapangan atau wilayah-wilayah tersebut.

“Kita bisa mendengar langsung apa keluhan dan harapan masyarakat,” terangnya.

Sehingga, kata dia, aspirasi-aspirasi tersebut akan dikemas dalam sebuah visi misi besar, teristimewa dalam pelaksanaan dan langkah-langkah yang akan dicapai.

Jadikan Manggarai sebagai Penyangga Pariwisata Labuan Bajo

Thomas Dohu menawarkan sejumlah program ketika dirinya terpilih sebagai pemimpin di Kabupaten Manggarai lima tahun ke depan.

Program utamanya adalah menjadikan Manggarai sebagai penyangga utama pariwisata untuk mendukung pariwisata super premium Labuan Bajo.

“Dan itu menjadi leading sector kami untuk memperkuat mulai dari produksi yang kita sebut sebagai sistemisasi produk dalam memperkuat penyangga utama pariwisata Labuan Bajo,” kata Thomas ketika mendaftar ke Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional pada Sabtu, 20 April 2024 lalu.

Ia mengklaim punya data bahwa kebutuhan hortikultura sayur-sayuran setiap hari di Labuan Bajo sebesar 4 ton.

Data ini menunjukkan ketersediaan sayur di Labuan Bajo saja tidak cukup, harus disuplai dari luar, bahkan ada yang dari luar NTT.

Potensi dukungnya seperti alam, cuaca, tanah, dan lain sebagainya. Tetapi yang perlu dijamin adalah ketersediaan sayur.

“Kita memiliki wilayah-wilayah tertentu, ada yang di tepi pantai dan ada yang di pegunungan,” jelasnya.

Thomas berpendapat, untuk menjamin kontinuitas itu harus dibangun melalui gagasan, lalu dikendalikan dalam satu aplikasi yang terintegrasi dalam memberikan informasi secara keseluruhan terhadap 171 desa dan kelurahan di Manggarai.

Misalkan, “apa saja potensi yang dimiliki, kemudian dimasukkan dalam zonasi -zonasi yang perlu dikembangkan.”

“Sehingga Manggarai penting menyiapkan hal itu,” terangnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA