Hasil Survei Pilkada Mabar, Edi Endi Ungguli Mario Pranda

Hasil ini diklaim karena tingkat kepuasan atas pemerintahan Edi-Weng juga sangat tinggi.

Kupang, Ekorantt.com – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru Pilkada Manggarai Barat (Mabar) 2024. Hasilnya, petahana Edi Endi mengungguli bakal calon lainnya.

Survei yang dilaksanakan pada Mei 2024 itu menunjukkan elektabilitas yang signifikan Edi Endi, yaitu dari 50,5 persen sampai 68,8 persen, dengan tingkat kesukaan yang juga tinggi, 86 persen dari 92 persen tingkat pengenalan.

Capaian elektabilitas Bupati Manggarai Barat itu jauh melampaui bakal calon lainya, antara lain Mario Pranda, Yulius Weng, Gusty Arifin, dan Bernardus Barat Daya.

Charta Politika merilis, bakal calon bupati dari Partai Demokrat, Mario Pranda berada pada posisi kedua. Elektabilitasnya hanya bergerak dari 22,8 persen sampai 36,3 persen dengan tingkat kesukaan 98 persen dari 78 persen tingkat pengenalan.

iklan

Bahkan, ketika dibuat simulasi dua bakal calon head to head antara Edi Endi dan Mario Pranda, elektabilitas Edi Endi mencapai 57,3 persen meninggalkan Mario Pranda di angka 32,0 persen dengan hanya 10, 8 undicided voters.

Dengan kemantapan pemilih yang memilih Edi Endi mencapai 67 persen, jauh dibandingkan dengan Mario Pranda yang hanya mencapai 44 persen. Hal ini semakin memantapkan posisi Edi Endi menuju kursi bupati Manggarai Barat periode kedua.

Posisi ini diperkuat dengan bakal calon wakil bupati yang sudah pasti mendampinginya, yaitu dr. Yulius Weng, yang memiliki tingkat elektabilitas sebagai bakal calon bupati Manggarai Barat mencapai 55,5 persen, dengan tingkat kesukaan mencapai 84 persen dari 97 persen tingkat pengenalan.

Edi-Weng, melalui pemetaan awal berbasiskan hasil survei Charta Politika, memastikan langkah menuju kemenangan Jilid 2 Kepala Daerah Manggarai Barat.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Bappilu DPW NasDem NTT Aleks Ofong kepada Ekora NTT pada Minggu, 16 Juni 2024, mengatakan elektabilitas Edi-Weng tidak diragukan, dan cenderung meningkat.

Hasil ini diklaim karena tingkat kepuasan atas pemerintahan Edi-Weng juga sangat tinggi.

“Manggarai Barat dengan dinamika kemajuan sekarang ini, apalagi Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium, butuh pemimpin dengan karakter kuat dan kekompakan yang baik seperti Edi- Weng,” klaim Ketua Fraksi NasSem DPRD Provinsi NTT ini.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA