Dosen STKIP Citra Bakti Adakan Pelatihan untuk Guru SD di Kecamatan Inerie

Bajawa, Ekorantt.com – Para dosen STKIP Citra Bakti yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru-guru di SDK Pali, Desa Warupele II, Kecamatan Inerie, Ngada. 

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai perwujudan profesionalitas dosen dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya mengharuskan mereka melakukan aktivitas-aktivitas pengabdian kepada masyarakat, juga sekaligus memenuhi kebutuhan guru-guru di SDK Pali.

Pelipus Wungo Kaka, M.Pd salah satu Dosen STKIP Citra Bakti kepada Ekorantt.com, Minggu (25/8/2019) mengatakan, dosen-dosen lintas Program Studi di lingkup STKIP Citra Bakti hadir sebagai pemateri pelatihan tersebut. Mereka di antaranya Bapak Wilibaldus Bhoke, S.Pd, M.Pd  (Prodi Matematika) sebagai Ketua, Ermelinda Yosefa Awe, S.Sos.,M.Pd (Prodi PGSD) sebagai Anggota 1, dan Ferdinandus Samri, S.S.,M.Pd (Prodi PJKR) sebagai Anggota 2. 

Peserta pelatihan berjumlah 8 orang dan semuanya adalah guru SDK Pali. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 19-20 Agustus 2019. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah memenuhi kebutuhan guru dalam mengembangkan kompetensi profesional guru dan mengoptimalkan peran serta keterampilan guru, khususnya dalam hal penulisan karya tulis ilmiah dan penelitian tindakan kelas/sekolah.

“Pelatihan ini juga menjadi wujud kepedulian kami akan kebutuhan guru untuk meningkatkan kreativitas berpikir kritis sebagai upaya pemberdayaan kompetensi guru, menuju visi pendidik yang profesional dan akuntabel dengan profesinya” jelas Pelipus.

iklan

Lebih jauh menurut Pelipus, salah satu syarat dalam kenaikan pangkat guru adalah penulisan sebuah karya tulis dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah. Karena itu, pelatihan penulisan karya ilmiah menjadi hal yang mendesak untuk dilakukan, menimbang tuntutan tersebut.  

“Dengan  demikian, STKIP Citra Bakti menanggapi kebutuhan ini, sekaligus juga melaksanakan salah satu dharmanya, yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan membuat pelatihan tersebut. Semoga kegiatan ini dapat mendorong para guru untuk terus menulis demi meningkatkan kompetensinya”, ujar dosen pendamping UKM Jurnalistik itu. 

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala SDK Pali dan seluruh peserta pelatihan dalam hal ini guru-guru. Mereka mengaku sudah menantikan pelaksanaan pelatihan tersebut. 

Pelatihan ini dikemas dalam dua sesi. Sesi pertama, penyajian materi oleh pemateri, dilanjutkan sesi kedua yaitu praktik menulis. Selama praktik menulis, para peserta didampingi langsung oleh para dosen yang bertindak sebagai fasilitator. 

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA